Sukses

Meteor Meluncur di Kota Probolinggo, Diklaim Bisa Jamin Keamanan Masyarakat

Liputan6.com, Probolinggo - Pemkot bersama Polres Probolinggo meluncurkan aplikasi Sistem Keamanan Terpadu Kota Probolinggo alias Meteor. Aplikasi yang mengintegrasikan sistem pusat informasi milik pemkot dan kepolisian itu hadir untuk memberikan kecepatan dan ketepatan dalam pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, dengan hadirnya aplikasi Meteor besutan Polres Probolinggo Kota ini akan menjamin terciptanya kamtibmas, khususnya untuk menunjang iklim investasi yang kondusif.

“Peluncuran meteor ini sangat-sangat berarti untuk menjamin keamanan di bidang usaha, investasi, ini akan bisa menggairahkan investasi di wilayah Kota Probolinggo, warga merasa aman,” terangnya, Selasa (21/3/2023)

Untuk menyempurnakan layanan aplikasi meteor kata Habib Hadi dalam waktu dekat wali kota akan segera membangun gedung Command Center terpadu yang berada disamping kantor Wali Kota Probolinggo. Hal tersebut dibuktikan dengan penyerahan secara simbolis alat sekop kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (DPUPR Perkim) Setiorini Sayekti.

“Maka dari itu pemerintah berkomitmen membantu mensupport dengan akan membangun Command Center gabungan bersama TNI, Polri dan unsur lainnya, yang akan kita bangun di sebelah kantor wali kota, di depan Mako Pol PP, tentunya itu menjadikan titik utama pusat gabungan semuanya, 24 jam dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Kota Probolinggo,” bebernya.

Inovasi aplikasi meteor ini memiliki fitur bernama Security Alert System (SAS), yakni sistem peringatan keamanan obyek vital yang mengintegrasikan 3 layanan sekaligus. Yakni layanan panic button yang ada di aplikasi Mangga Manis milik kepolisian, berupa tombol panik yang dapat mengirimkan informasi atau pengaduan kepada Polres Probolinggo Kota.

Berikutnya, layanan Call Center 112 milik pemerintah kota, yakni panggilan bebas pulsa yang dapat diakses oleh masyarakat yang membutuhkan kehadiran petugas ketika mengalami gangguan atau ketertiban umum. Seperti kebakaran, gangguan jaringan listrik, air maupun pelayanan darurat berupa kebutuhan kendaraan ambulance dan lain sebagainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Siab Maspro untuk Tanggap Bencana

Selanjutnya, layanan Siab Maspro, merupakan sistem pemantauan kebencanaan alam berupa prakiraan cuaca, deteksi terhadap debit air sungai, ketinggian air laut, dan monitoring gempa yang terkoneksi dengan sistem BMKG tingkat provinsi dan nasional sehingga bisa memberikan early warning atau peringatan dini kepada masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto mengharapkan penggunaan aplikasi Meteor ini dapat dibarengi dengan kecepatan dan ketepatan petugas dalam penanganan laporan masyarakat.

 “Semoga ada kemudahan, semoga ada kecepatan dan yang terpenting adalah ketepatan dalam menangani setiap isu yang berkaitan dengan masalah harkamtibmas yang ada,” pesan Kapolda Jatim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.