Sukses

Telur Ayam Ras dan Beras Medium di Operasi Pasar Jember Ludes Diserbu Masyarakat

Beras yang disediakan sebanyak 1,5 hingga dua ton ludes dalam beberapa menit saja dan hal yang sama dengan komoditas telur ayam ras.

Liputan6.com, Jember - Komoditas telur ayam ras dan beras menjadi barang yang paling diburu masyarakat dalam operasi pasar yang digelar di Pasar Bungur, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember, Bambang Saputro dua komoditas tersebut paling laris karena saat ini harganya sedang naik.

"Komoditas pangan yang diserbu warga di antaranya beras dan telur ayam ras karena kedua komoditas tersebut harganya naik," katanya saat memantau operasi pasar di Pasar Bungur, Kecamatan Patrang, dilansir dari Antara, Kamis (16/3/2023).

Menurutnya operasi pasar digelar di beberapa pasar tradisional secara bertahap dengan menyediakan beberapa komoditas pangan di antaranya beras, gula pasir, minyak goreng, dan telur ayam ras.

"Alhamdulillah antusias masyarakat cukup tinggi dalam kegiatan operasi pasar yang digelar di beberapa pasar tradisional karena harganya lebih murah dibandingkan pasaran," tuturnya.

Beras yang disediakan di operasi pasar Jember itu sebanyak 1,5 hingga dua ton ludes dalam beberapa menit saja dan hal yang sama dengan komoditas telur ayam ras karena harga beras medium kemasan lima kilogram dijual Rp43.000 dan harga telur ayam ras Rp27.500 per kilogram.

Harga beras medium kemasan lima kilogram di pasaran berkisar Rp50.000 hingga Rp55.000 per kilogram, sedangkan harga telur ayam ras berkisar Rp29.000 hingga Rp30.000 per kilogram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Digelar saat Ramadhan

Ia menjelaskan operasi pasar tersebut digelar sejak pertengahan Januari hingga pertengahan Maret 2023 pada hari Senin hingga Kamis di seluruh pasar tradisional se-Kabupaten Jember, sehingga pekan ini merupakan kegiatan operasi pasar terakhir.

"Tujuan operasi pasar untuk memberikan jaminan pasokan komoditas pangan, menjamin stabilisasi harga dan mengendalikan laju inflasi sepanjang tahun 2023 di Jember," katanya.

Bambang mengatakan pihaknya akan kembali menggelar operasi pasar dan pasar murah di seluruh kecamatan selama bulan Ramadhan agar pasokan dan stabilisasi harga bahan pokok aman di Kabupaten Jember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.