Sukses

Resmi Diusung PKS di Pilpres 2024, Anies Baswedan: Bismillah, Kita Mulai Babak Baru

Anies menyatakan, kerja sama dengan PKS bukan hal yang baru. Pada 2016, kebersamaan telah dimulai saat dirinya diminta maju untuk menjadi calon gubernur di Pilkada Jakarta 2027.

Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan resmi diusung Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Deklarasi dukungan Anies dilakukan di Kantor DPTP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023).

Anies menyatakan, dukungan PKS terhadap dirinya menjadi babak baru perjuangannya.

"Dengan mengharap ridho Allah, Kami secara resmi menerima pencalonan PKS. Ini adalah sebuah amanah. Kami siap bekerja keras, Bekerja erat untuk memajukan indoneisa. Bismillah," ujar Anies Baswedan saat sambutan deklarasi dukungan.

Anies menyatakan,  kerja sama dengan PKS bukan hal yang baru. Pada 2016, kebersamaan telah dimulai saat dirinya diminta maju untuk menjadi calon gubernur di Pilkada Jakarta 2027.

"Tujuh tahun bersama PKS kerja sama dipupuk melalui perjuangan yang tidak mudah," sambungnya.

Saat itu, hampir semua lembaga survei menempatkan Anies di nomor ketiga. Namun, hal ini tidak membuat PKS dan kadersnya patah hati. Mereka tetap semangat dan yakin akan meraih kemenangan.

"Akhirnya kerja besar itu diantarkan pada kemenangan di Jakarta. Survei-survei yang menempatkan nomor tiga tidak lagi muncul," sambungnya.

Sebelumnya, Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 di Kantor DPTP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023).

Anies dipasangkan peci oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS Aboe Bakar Alhabsy sebagai tanda resminya ia diusung PKS sebagai capres di pemilihan umum (Pemilu) 2024.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipasangkan Peci

 

Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa penetapan Anies sebagai capres PKS 2024 ini ditetapkan melalui hasil keputusan Musyawarah Majelis Syura (MMS) VIII yang diikuti oleh seluruh kader PKS dari seluruh Indonesia baik daring maupun luring.

"Kita menyadari bahwa proses perjalanan untuk mencari bakal calon Presiden Republik Indonesia ini memang tahapannya sedemikian panjang dan sudah dilalui secara seksama," kata Syaikhu.

Dia menyebut bahwa DPP PKS telah mendengarkan berbagai masukan-masukan dari berbagai wilayah di tanah air. Dia menyampaikan bahwa PKS punya tiga kriteria yang dia usung sebagai bakal calon presiden.

Parameter itu antara lain berkarakter nasionalis religius. Kedua dapat menjadi simbol perubahan dan perbaikan. Ketiga sosok yang punya peluang menang yang sangat besar.

"Bahwa tiga parameter yang menjadi guidance (panduan), itu dimiliki oleh Bapak Anies Rasyid Baswedan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.