Sukses

Anggota DPRD Jatim Beri Lampu Hijau Reaktivasi Jalur Kereta Api di Madura

Anggota DPRD Jatim Mathur Husyairi mendukung langkah Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang menginisiasi kembali reaktivasi jalur kereta di Pulau Madura. Menurut Mathur, reaktivasi jalur kereta akan berdampak positif bagi masyarakat Madura.

Liputan6.com, Surabaya - Anggota DPRD Jatim Mathur Husyairi mendukung langkah Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang menginisiasi kembali reaktivasi jalur kereta di Pulau Madura. Menurut Mathur, reaktivasi jalur kereta akan berdampak positif bagi masyarakat Madura.

Di sisi lain, politikus Madura itu menilai reaktivasi jalur kereta menjadi opsi terbaik ketika rencana pembangunan jalan tol urung dilakukan. Karenanya, Mathur menyatakan akan mendorong seluruh politisi Madura untuk mendukung langkah Bupati Sumenep terkait rencana menghidupkan kembali jalur kereta di pulau garam.

“Saya akan dorong (seluruh politikus Madura satu suara). Biar nanti kita bahas di fraksi atau kami yang dari dapil Madura akan menyuarakan itu secara bersamaan. Semua ada 12 kursi,” kata Mathur, Kamis (9/2/2023).

Politikus Partai Bulan Bintang (PBB) itu mengatakan, ikhtiar Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang telah berkirim surat ke Presiden Joko Widodo, termasuk mengutarakan langsung kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menkopolhukam Mahfud MD, juga Ketua Banggar DPR Said Abdullah, merupakan langkah tepat.

Karenanya, dukungan dari semua pihak harus menyertai usaha Achmad Fauzi terkait usulan reaktivasi jalur kereta api, termasuk Kementerian Perhubungan, PT KAI, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, juga pemerintah kabupaten lain di Pulau Madura.

“Mudah-mudahan sebelum Pak Jokowi lengser ini (reaktivasi jalur kereta di Pulau Madura) sudah terealisasi,” tutur Mathur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Ekonomi Madura

Bagi Mathur, reaktivasi jalur kereta akan sangat berdampak pada perekonomian di Madura. Misalnya soal mobilisasi dan transportasi membuat orang semakin cepat, tidak lagi menghadapi kemacetan.

“Kermudian yang paling penting adalah menghidupkan sektor pariwisata. Kita memang punya bandara di Sumenep, tapi orang tanggung juga mau terbang ke Surabaya lewat Sumenep. Lebih cepat sebenarnya mereka nyebrang (jalur laut),” jelasnya.

Mathur menegaskan dorongan reaktivasi jalur kereta butuh dukungan dari tiga bupati lainnya di Madura. “Nanti coba kita bahas dengan teman-teman di dapil Madura, bagaimana menyuarakan di masing-masing kabupaten untuk sounding ke bupati masing-masing,” ungkapnya.

Di sisi lain, Mathur menilai usulan reaktivasi jalur kereta pernah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Namun, implementasinya belum terlihat. “Sekarang dipantik lagi oleh Bupati Sumenep, saya mendukung itu. Sangat mendukung,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.