Sukses

Deretan Tokoh Hadiri 1 Abad NU di Sidoarjo, dari Jokowi hingga AHY 

Liputan6.com, Jakarta - Hajatan hari lahir 1 abad NU di GOR Sidoarjo tidak hanya menjadi pestanya warga Nahdliyin Indonesia dan juga dunia. Perayaan yang puncaknya berlangsung pada Selasa (7/2/2023), juga pestanya para tokoh dengan ikut meramaikan acara tersebut.

Siapa saja mereka?  Inilah sosok-sosoknya: 

1. Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri dan membuka membuka resepsi puncak satu abad Nahdlatul Ulama di Sidoarjo, Jawa Timur.

"Tak terasa, selama satu abad NU telah memberikan warna yang luar biasa untuk Ibu Pertiwi Indonesia, dimana keislaman dan keindonesiaan, keislaman dan kebangsaan, persatuan dan kesatuan, serta kerukunan dalam keberagaman," ujar Jokowi.

Jokowi berharap memasuki abad kedua, NU tumbuh semakin kokoh, memberikan teladan keislaman yang moderat, islam yang baik, menjunjung akhlakul kharimah dan adat ketimuran, tata karma, unggah ungguh, etika yang baik dan adab yang baik, dan menjaga toleransi, menjaga persatuan, menjaga kegotong-royongan, serta terus mengikuti perkembangan zaman.

NU, kata Jokowi, layak berkontribusi untuk masyarakat internasional sebagai organisasi islam terbesar. Pemerintah menghargai upaya PBNU membangun peradaban dunia

2. Ma'ruf Amin

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin beserta rombongan terbang ke Provinsi Jawa Timur (Jatim), Minggu (5/2/2023).

Agenda utama kunjungan Ma'ruf ke Jatim untuk menghadiri Puncak Peringatan 1 Abad Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi Islam terbesar di Indonesia ini berdiri pada 16 Rajab 1344 Hijriyah atau bertepatan dengan 31 Januari 1926.

Ma'ruf beserta rombongan yang menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pukul 15.30 WIB, menuju Bandara Udara Internasional Juanda.

Setibanya di Surabaya, dia disambut oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jatim.

3. Megawati 

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, tampak kehadiran Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri. Dia datang bersama Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indoensia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

JK dan AHY

4. Jusuf Kalla

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) ikut meramaikan 1 abad NU di Sidoarjo. JK sempat terjebak macet karena ramainya peserta harlah. Alhasil, JK pun rela berjalan kaki demi dapat menghadiri acara tersebut.

Tidak dekat, tercatat jaraknya mencapai 3-5 km dari tempat acara dan melanjutkan perjalanan dengan  titik dimulainya JK berjalan kaki. Namun JK tidak sendiri, tampak Gubernur Jambi, Al Haris. 

Kehadiran JK di tengah-tengah massa tersebut mengundang perhatian ribuan warga NU. Mereka melambaikan tangan dan menyapa ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga merupakan warga NU tersebut dengan berteriak 

“Pak JK!,” seru para warga di lokasi menyapa, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (7/2/2023).

Tidak hanya menyapa, beberapa di antaranya berusaha mengajak JK yang dikawal ketat pihak keamanan untuk bersalaman.  

5. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir pada acara puncak resepsi Hari Lahir (Harlah) satu abad Nahdlatul Ulama (NU) di GOR Gelora Delta Sidoarjo, sekitar pukul 05.45 WIB, Selasa (7/2/2023) tadi pagi.

Dengan didampingi Sekjend Demokrat, Teuku Riefky Harsya, AHY tampak mengenakan setelan sarung batik dan kemeja putih. Juga, lengkap dengan jas hitam dengan lambang Nahdlatul Ulama dan logo Demokrat.

Setiba di lokasi peringatan, tepatnya di depan pagar, AHY langsung mendapatkan sambutan jemaah. Tak sedikit dari Nahdliyin yang menyadari kedatangan AHY pun langsung berebut untuk berfoto.

Ajakan tersebut disambut AHY dengan melayani satu persatu permintaan foto tersebut. "Selamat pagi Ibu-Ibu," kata AHY menyapa para jemaah.

Selain AHY, ada sejumlah elit Partai lain yang juga tiba di lokasi. Di antaranya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan beberapa tokoh lainnya.

3 dari 3 halaman

Undang Tokoh Parpol

Zannuba Ariffah Chafsoh atau akrab dipanggil Yenny Wahid selaku Ketua panitia hari lahir 1 abad NU mengaku mengundang semua partai politik diundang untuk hadir ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo, pada Selasa, 7 Februari 2023.

Yenny beralasan mengundang karena usia NU lebih tua dari Republik Indonesia. Sehingga, menurutnya, NU punya kepentingan besar bahwa semua kebijakan politik yang dihasilkan mengacu pada cita-cita organisasi yang didirikan oleh KH Hasyim Asy’ari itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.