Sukses

Puncak Perayaan 1 Abad NU, Massa Banjiri Area Stadion Delta Sidoarjo Sejak Dinihari

Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang menjadi lokasi puncak harlah 1 abad NU mulai dibanjiri massa sejak Senin malam hingga Selasa dini hari (7/2/2023).

Liputan6.com, Surabaya - Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang menjadi lokasi puncak harlah 1 abad NU mulai dibanjiri massa sejak Senin malam hingga Selasa dini hari (7/2/2023).

Pantauan Liputan6.com, masuk pukul 03.00 WIB, ruas jalan di sekitaran Stadion Gelora Delta Sidoarjo telah dipadati massa yang datang dari berbagai daerah. Mereka mengikuti rangkaian acara ritual ibadah yang dimulai sejak pukul 00.00 WIB.

Peserta acara Resepsi 1 Abad NU pun melakukan aktivitas beragam. Mulai dari salat, bersalawat, bahkan beristirahat mulai dari trotoar hingga tengah jalan.

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah tiba di Sidoarjo sejak Senin, 6 Februari 2023 demi menghadiri Puncak Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama.

Sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar agenda Mukhtamar Internasional Fiqih Peradaban dalam rangka memeriahkan puncak peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) pada Selasa, 7 Februari 2023. Rangkaian acara pun dimulai pada Senin, 6 Februari 2023.

Acara tersebut dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur. Pada pagi ini, pembukaan Mukhtamar Internasional Fiqih Peradaban akan dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Tsaquf.

Beberapa topik yang akan dibahas antara lain soal perdamaian, penanganan konflik, fondasi struktur politik dari sudut pandang syariah, status dan fungsi PBB lewat kaca mata syariah yang mengikat umat Islam, hingga sesi tanggapan dari para ulama besar.

Guru Besar Ilmu Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie menyampaikan bahwa fiqih peradaban yang digagas PBNU mendudukkan hukum Islam untuk kemanusiaan.

“Inisiasi yang dilakukan PBNU ini memberi nilai positif untuk menempatkan fiqih sesuai tujuannya yakni untuk kemaslahatan kemanusiaan,” tutur Tholabi kepada wartawan terkait Mukhtamar Internasional Fiqih Peradaban 1 Abad NU.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perubahan Dinamis

Menurutnya, perubahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang cukup dinamis perlu diikuti dengan cara baca baru dalam melihat berbagai teks sumber hukum Islam.

“Dibutuhkan cara baca untuk mendekatkan disparitas antara teks-teks suci dengan realitas peradaban yang cukup dinamis ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Tholabi menyebutkankan sejumlah langkah, pertama yakni menggali teks klasik peninggalan para pemikir Islam terdahulu untuk didiskusikan dengan realitas masa kini, agar mendapatkan titik temu dan menemukan perbedaannya.

“Serta pertimbangan konsekuensi apabila pandangan fukaha tempo dulu diterapkan pada realitas saat ini,” ujarnya.

Kedua, kata Tholavi, diperlukan upaya diskusi antara realitas peradaban saat ini dengan teks-teks syariat secara metodologis atau manhaji, terutama dalam hal-hal yang tidak terdapat bandingan atau persamaannya di dalam pandangan ahli fiqih alias aqwal fukaha.

“Dengan memikirkan segala kemaslahatan dan beban risiko kehancuran bagi umat manusia, sebagai inisiatif yang dapat menghadirkan stabilitas dan keamanan umat manusia. Ini butuh upaya kolaboratif pelbagai disiplin ilmu untuk membaca realitas ini dengan komprehensif,” terangnya.

 

3 dari 3 halaman

Respons Positif

Baginya, penyelenggaraan Mukhtamar Internasional Fiqih Peradaban yang digagas PBNU patut mendapat respon positif dari kalangan cendikiawan muslim, khususnya di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam Indonesia. Upaya kolaboratif kalangan ulama di pesantren dan sarjana di perguruan tinggi harus dirintis untuk memperluas pikiran konstruktif demi kemaslahatan umat.

“Kolaborasi kalangan pesantren dan perguruan tinggi harus lebih ditingkatkan. Momen fikih peradaban ini menjadi milestone penting untuk menghadirkan kolaborasi positif antara ulama dan kalangan sarjana Islam,” tuturnya.

Tholabi berharap pelaksanaan Muktamar Internasional Fiqih Peradaban 1 Abad NU yang melibatkan sejumlah ulama dunia seperti dari Kairo Mesir serta ratusan cendikiawan lainnya, berjalan dengan lancar dan menghasilkan banyak pikiran besar bagi kemajuan fiqih peradaban.

“Semoga Muktamar Fiqih Peradaban ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pikiran besar untuk kemaslahatan peradaban kemanusiaan,” Tholabi menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.