Sukses

25 Ribu Banser Ikut Amankan Puncak 1 Abad NU, Kolaborasi dengan TNI dan Polri

Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tidak mau ketinggalan untuk ambil bagian dalam pengamanan puncak peringatan hari Lahir 1 abad NU di Stadion Delta Sidoarjo pada 7 Februari besok.

Liputan6.com, Sidoarjo - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tidak mau ketinggalan untuk ambil bagian dalam pengamanan puncak peringatan hari Lahir 1 abad NU di Stadion Delta Sidoarjo pada 7 Februari besok.

Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser Hasan Basri Sagala memastikan ada 25 ribu personel Banser yang akan siap mengamankan Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU.

"Pasukan Banser diturunkan sebanyak 25 ribu personel, terdiri dari pengamanan outdoor (luar stadion) dan indoor (dalam stadion). Ditambah Pasukan Pagar Nusa 5 ribu," ucap Hasan dikutip dari NU Online, Senin (6/2/2023).

Pasukan pengamanan juga ditambah oleh Pagar Nusa, personel TNI, dan Polri serta dinas terkait untuk berkolaborasi mengamankan acara itu. Hasan menyebutkan, total pasukan pengamanan Puncak Resepsi 1 Abad NU mencapai 40 ribu personel gabungan.

Hasan menjelaskan seluruh jalur menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo tidak akan ditutup secara keseluruhan, kecuali untuk jalur khusus tamu VVIP.

"Selebihnya hanya ditutup untuk satu lajur dan satu lajurnya lagi ditempatkan untuk jamaah," kata Hasan.

Panitia 1 abad NU rencananya akan menutup Jalan Pahlawan dari dan menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Di sepanjang jalan itu, panitia menyiapkan puluhan layar-layar besar yang diperuntukkan bagi jamaah yang tak bisa masuk ke dalam arena utama.

Hasan juga menjelaskan, Banser Lalu Lintas atau Balantas telah melakukan skenario untuk tempat-tempat parkir di 60 titik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polda Jatim Terjunkan 4.907 Personel

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Tono Harmanto mengungkapkan, pihaknya menerjunkan 4.907 personel yang siap mengamankan jalannya acara Hari Lahir (Harlah) satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di GOR Delta Sidoarjo, pada 7 Februari mendatang.

"Nantinya untuk kawasan GOR Delta Sidoarjo, saat kegiatan puncak Harlah NU akan disterilkan. Dan sebanyak 4.907 personel yang disiapkan, kemungkinan nanti juga akan bisa bertambah," ujar Irjen Tono usai melakukan pengecekan GOR Delta Sidoarjo, Kamis (2/2/2023).

Irjen Tono mengungkapkan, pihaknya kembali melakukan pengecekan lokasi di lapangan untuk melihat juga spot - spot yang nantinya dibanjiri oleh massa.

Peninjauan ini, lanjut Irjen Tono, adalah tindak lanjut rapat koordinasi Forkopimda Jatim sebelumnya.

"Kita berharap kesempurnaan dalam rapat yang sudah sekian kali, tentu dengan aplikasi kita di lapangan melihat langsung tentu akan menjadi masukan baru untuk rapat lagi," ucap Irjen Tono.

Sedangkan untuk koordinasi dengan stakeholder baik dalam dan luar Jatim, sudah dilakukan guna mempermudah dropping peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.