Sukses

Kapal Yacht Tuntas Diperbaiki di Sumenep, 2 Warga Finlandia Lanjutkan Perjalanan

Hana mengaku selama sepekan menetap di Sumenep, sangat terbantu dengan apa yang dilakukan Bupati Achmad Fauzi. Ia juga memuji keramahan dan kebaikan masyarakat Sumenep.

Liputan6.com, Sumenep - Dua warga Finlandia, Veikko H dan Hana Maria menetap selama satu pekan di Sumenep, setelah sebelumnya kapal yang mereka gunakan Yacht Canace mati mesin di perairan Pulau Bawean, dan dievakuasi oleh regu penolong menuju ujung Timur Pulau Madura.

Hana mengaku selama sepekan menetap di Sumenep, sangat terbantu dengan apa yang dilakukan Bupati Achmad Fauzi. Ia juga memuji keramahan dan kebaikan masyarakat Sumenep.

“Kami telah seminggu berada di Sumenep. Kami sudah tidak memiliki uang, tapi kebaikan Pak Fauzi dan keramahan masyarakat Sumenep sangat membantu kami selama di sini. Terima kasih Sumenep,” ujar Hana, ditulis Minggu (5/2/2023).

Kapal Yacht Canace milik Veikko dan Hana telah selesai diperbaiki. Keduanya bisa melanjutkan pelayarannya kembali.

“Terima kasih Pak Fauzi. Kami sangat terbantu dengan kebaikan hati bapak dan masyarakat Sumenep,” ucap Hana.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, pihaknya memberikan bantuan kepada dua WN Finlandia itu, seperti pelayanan akomodasi, transportasi hingga konsumsi.

“Selama mereka menunggu perbaikan kapalnya, agar dibantu untuk keperluannya, seperti tempat beristirahat dan transportasi, mengurus izin ke kantor Imigrasi Kabupaten Pamekasan dan pembelian sparepart kapal ke Surabaya,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mati Mesin

Sebelumnya, kapal Yacht Canace yang memuat dua warga negara Finlandia itu mengalami mati mesin di perairan Pulau Bawean, Jumat (27/1/2023). Mendapatkan laporan, petugas di area Pulau Bawean melakukan pertolongan dengan cara towing di timur Pulau Bawean.

Namun, upaya tersebut gagal karena cuaca yang kurang mendukung. Selanjutnya, pada Minggu (29/1/2023), kapal Yacht Canace terombang-ambing hingga ke perairan utara Madura dan berusaha tetap berkomunikasi dengan Kansar Surabaya.

Dua awak kapal berusaha membentangkan layar kapal agar bisa mencapai daratan di wilayah perairan Sumenep. Usaha keduanya gagal karena minimnya embusan angin.

Petugas kemudian berhasil menemukan Kapal Yacht Canace dan dilakukan pengawalan untuk bersandar ke Pelabuhan Kalianget Sumenep.

Pada Senin (30/1/2023) sekitar pukul 13.25 WIB, Kapal Yacht Canace beserta awak kapal sudah bersandar di Pelabuhan Kalianget, Sumenep dalam keadaan aman dan dua awak yang juga dalam kondisi sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.