Sukses

Kereta Panoramic Siap Meluncur dari Stasiun Gubeng ke Bandung, Cek Jadwal Keberangkatannya

Liputan6.com, Surabaya - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan kembali Kereta Panoramic pada Februari 2023. Kereta Panoramic ini akan dirangkaian pada KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

“Di samping itu pengoperasian kembali ini dilakukan agar masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya dapat turut merasakan layanan KA Panaromic keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng,” kata Luqman, Jumat (3/2/2023).

Kereta Panoramic akan beroperasi setiap hari minggu dengan dirangkaikan pada KA Argo Wilis keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 07.30 WIB, tiba di Stasiun Bandung pukul 17.25 WIB dengan waktu tempuh 9 jam 55 menit.

"Jadwal lengkap operasional Kereta Panoramic selama Februari 2023 pada tanggal 5, 12, 19, dan 26 Februari 2023," ujar Luqman.

Kereta Panoramic ini merupakan inovasi dari Balai Yasa Surabaya Gubeng, yang diperkenalkan kepada masyarakat pada rangkaian HUT KAI bulan September 2022 lalu.

"Masyarakat begitu antusias saat kereta Panoramic ini dioperasikan sementara pada masa Nataru 2022 - 2023 yang digabungkan dengan rangkaian KA Taksaka relasi Yogyakarta - Gambir," ucap Luqman.

2 dari 2 halaman

38 Tempat Duduk

kapasitas angkut kereta panoramic sebanyak 38 tempat duduk, dan terdapat mini Pantry di dalam kereta tersebut untuk menyajikan makanan yang diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) ke para penumpang kereta Panoramic.

"Dalam setiap perjalanan, para pelanggan Kereta Panoramic  akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi," ujar Luqman.

Selain itu, lanjut Luqman, ada juga menikmati fasilitas Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, rak bagasi khusus di ujung kereta serta Panorama pemandangan yang indah dan menyenangkan.

"Karena Kereta Panoramic memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan,” ucap Luqman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.