Sukses

Rekomendasi 5 Jajanan ala Street Food di Alun-alun Kota Batu

Liputan6.com, Kota Batu - Keindahan panorama alam Kota Batu membuat daerah ini jadi salah satu tujuan favorit untuk berpelesir di Jawa Timur. Di sini terdapat berbagai obyek daya tarik wisata, mulai dari wisata alam, buatan tak terkecuali wisata kulinernya.

Tempat wisata alternatif yang bisa dijujug adalah Alun-alun Kota Batu, salah pusat keramaian di kota ini. Banyak wisatawan maupun warga sekitar yang memadati tempat ini, terutama saat momen akhir pekan.

Di sini terdapat wahana bianglala yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan kota ini dari ketinggian. Ada juga area bermain anak serta berbagai spot foto menarik. Di sini juga ada sentra kuliner yang patut dijelajahi.

Area alun-alun bukan hanya ramai di akhir pekan atau saat masa libur sekolah saja. Ketika malam hari, banyak masyarakat setempat atau warga luar kota ini yang sengaja datang hanya untuk sekedar menikmati jajanan di kawasan itu.

Maka, jalan-jalan di daerah ini belum lengkap rasanya jika tidak singgah untuk menikmati kuliner Kota Batu. Lantas, jajanan khas Alun-alun apa saja yang bisa kamu santap ?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Berikut Jajanan yang Bisa Dinikmati di Kota Batu:

1. Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan Legenda 1967Pos Ketan Legenda 1967 merupakan salah satu kuliner legendaris di Kota Batu ini. Di sini terdapat menu favorit bernama ketan susu.

Ketan susu itu disajikan dengan kental manis di sebuah piring kecil. Beragam topping siap menemani, seperti original kedelai bubuk, keju, meses coklat, nangka, oreo, hingga fla durian. Ada pula pelengkap berupa ayam suwir pedas.

2. Sate Kelinci

Sate kelinci menjadi kuliner khas selanjutnya di sekitar Alun-alun Kota Batu. Kamu bisa dengan mudah menemukan lapak penjualnya di sepanjang jalan menuju alun-alun tersebut. Maknanya, jadi kuliner ala street food.

Keunggulan sate kelinci jika dibandingkan dengan sate ayam atau sate kambing ada pada dagingnya. Tekstur daging kelinci lebih yang lembut saat digigit dijamin tak meninggalkan sisa di antara sela gigi.

3 dari 3 halaman

3. Rumah Susu Ganesha

Kota Batu dikenal sebagai salah satu daerah sentra pengasil susu sapi murni. Berbagai produk olahan berbahan susu bisa ditemui di kota ini, salah satunya di Warung Susu Ganesha, dikelola Koperasi Unit Desa (KUD) Batu. Lokasinya persis di sebelah barat area Alun-alun Kota Batu.

Salah satu produk olahan susu yang terkenal di warung ini adalah Susu Sapi Nandhi Murni. Disajikan dengan beragam varian rasa. Tersedia pula minuman yoghurt berbagai rasa yang kerap dijadikan buah tangan oleh para wisatawan.

4. Sate Lok-lok

Dari namanya saja sudah terdengar unik dan bikin orang bertanya-tanya mengenai kuliner satu ini. Kuliner yang ternyata berasal dari negeri jiran Malaysia ini bisa ditemuka pula di sekitar Alun-alun Kota Batu, tepatnya di sisi selatan.

Sate Lok-lok merupakan sate dengan bahan berbagai macam seafood yang biasa dijual di jalanan alias street food. Variannya beragam, mulai dari mini gurita gimbal, sate bakso ikan, crabstick, cumi, fish cake, sampai sosis jumbo.

5. Ceker Setan di Kampoeng Setan

Kamu pecinta kuliner pedas? Jangan lewatkan ceker setan di Kampoeng Setan yang berada tak jauh dari Alun-alun Kota Batu. Lapaknya persis bersebelahan dengan Pos Ketan Legenda. Kuliner ini dijamin menjadi menu wajib coba bagi para pecinta masakan pedas.

Ceker setan di sini diolah dengan bumbu pedas yang rasanya nampol. Bukan cuma ceker, di sini kamu bisa mencicipi olahan lain. Tentu saja bercita rasa pedas seperti sayap pedas, usus sadis, dan kepala ayam yang tak kalah gurihnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS