Sukses

5 Kuliner Banyuwangi Wajib Dicoba Isi Liburan Cuti Bersama Imlek 2023, Ada Pecinan Street Food

Kabupaten Banyuwangi, selain kaya akan destinasi wisata unggulan yang indah, juga kaya akan wisata kuliner yang sangat lezat dan wajib dicoba, jika merencanakan libur Panjang imlek ke Kabupaten Ujung Timur Pulau Jawa ini.

Liputan6.com, Banyuwangi - Rekreasi kuliner bisa menjadi pilihan mengisi libur panjang dan cuti bersama Imlek pada 23 Januari 2023.

Di Banyuwangi, selain kaya destinasi wisata yang indah, juga kaya akan wisata kuliner yang sangat lezat dan wajib dicoba.

Berikut ini sejumlah 5 destinasi kuliner Banyuwangi yang patut dicoba mengisi libur Imlek dan cuti bersama:

1. Sego Tempong

Wisata kuliber Banyuwangi yang satu ini cukup populer di kalangan pecinta kuliner Banyuwangi maupun luar kota Banyuwangi, terutama bagi pecinta kuliner  pedas. Sebab kuliner Banyuwangi yang satu ini sudah sangat tersohor.

Tempong sendiri berasal dari bahasa osing, yaitu Bahasa asli Banyuwangi, yang berarti tampar. Diberi nama tempong karena rasa pedas yang dihasilkan saat makan nasi tempong memberikan sensasi seperti ditampar.

Sego tempong sendiri terdiri dari aneka sayuran seperti bayam, kenikir, kol dan kemangi yang telah direbus sebelumnya. Sayuran ini kemudian dipadukan bersama nasi dan lauk seperti tahu, tempe, bakwan jagung goreng, dan ikan jambal.

Lalu hidangan ini disiram dengan sambal yang terdiri dari cabai, terasi dan bumbu lainya lalu diberi tomat atau ranti. Lalu diaduk menjadi satu.

Jika anda tertarik mencoba sego tempong di Banyuwangi saat libur Tahun Bru Imlek, ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi. Diantaranya sego tempong Mbok Nah yang berada di Jalan Letkol Sugiono, Kertosari Banyuwangi.

Selain itu juga ada Warung Mbok Wah, Jalan Gembrung No. 22, Bakungan, Glagah, Banyuwangi. Di sejumlah warung makan lainya di Banyuwangi, juga hampir semua menyajikan menu makan sego tempong. Jadi apabila anda berkunjung ke Banyuwangi tidak akan kesulitan menemukan kuliner yang satu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sego Cawuk

Kuliner Khas Banyuwangi yang kedua, yang wajib anda coba yaitu Sego Cawuk. Kuliner asli Banyuwangi ini memiliki rasa gurih dan manis yang berasal dari kuah pindang. Sedangkan nasinya kemudian diisi dengan berbagai macam lauk seperti telur pindang, pepes ikan, pepes cumi, pepes telur ikan, kikil dan dendeng manis.

Kemudian sajian ini ditaburi dengan parutan kelapa dan serutan jagung bakar yang dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih serta sedikit asam.

Jika anda tertarik mencoba Sego Cawuk, anda bisa datang ke tempat yang paling terkenal yaitu Sego Cawuk Bu Mantih, yang berada di dekat Stasiun Rogojampi tepatnya di Jalan Wahid Hasyim, Prejengan, Rogojampi, Banyuwangi. Selain itu, sejumlah rumah makan di Banyuwangi juga menyediakan menu Sego Cawuk ini.

3 dari 5 halaman

3. Rujak Soto

Kuliner Khas Banyuwangi yang ke tiga yaitu ada Rujak Soto. Kuliner khas Banyuwangi yang satu ini berupa perpaduan antara rujak sayur dan soto. Sedangkan sotonya bisa berupa soto daging sapo, ayam atau soto babat.

Rujak soto ini akan disajikan dengan menyiram potongan lontong, irisan timun, potongan tempe, kangkong, tauge, daun turi, daging, babat, kikil, ususus, dan sambal kacang, serta petis dengan kuah kuning yang lezat dan berempah.

Rusak soto ini biasanya akan dinikmati bersama es temulawak, es teh maupun es campur. Ada sejumlah tempat yang bisa anda kunjungi untuk menikmati rusak soto tersebut. Seperti di Pondok rujak soto di JL Basuki Rahmat 143 Karangagung Banyuwangi, Wrung Rujak Soto Mak Siam di Desa Kemiren, Banyuwangi.

Warung Rujak Soto, Mbak Ega, Jl Gajah Mada, Lingkungan Mojoroto, Kelurahan Mojopangung Banyuwangi, dan Rujak Soto Mbak Muk yang merupakan rujak soto langganan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Kelurahan Penataban Banyuwangi.

4 dari 5 halaman

4. Pecel Petek

Kuliner Banyuwangi yang ke empat yang wajib anda coba jika berkunjung ke Banyuwangi, yaitu  Pecel Pitik. Kuliner ini merupakan sajian khas dari Suku Osing. Dulunya, makanan ini dihidangkan pada acara selamatan di desa adat kemiren. Namun kini, anda sudah bisa menikmati pecel pitik kapan saja tanpa perlu menunggu acara khusus.

Adapun pembuatan pecel pitik menggunakan bahan utama seperti ayam kampung muda yang telah dibumbui dan kemudian dipanggang utuh di perapian. Dalam satu porsi pecel pitik biasanya terdiri dari nasi putih, suwiran ayam potong, aneka sayuran yang dicampur dengan gula merah dan parutan kelapa muda

Cita rasa yang dihasilkan dari hidangan ini akan membuat lidah anda terasa pedas dan gurih yang berasal dari bumbu dan taburan kelapa parutanya. Jika anda penasaran dengan hidangan yang satu ini  anda bisa menemukanya di desa adat Kemiren. Dan di daerah wisata kuliner lainya yang tersebar di Banyuwangi

5 dari 5 halaman

5. Pecinan Street Food

Wisata kuliner Banyuwangi yang terakhir atau ke lima adalah Pecinan Street Food. Tempat kuliner yang satu ini berada di kawasan Kelenteng Hoo Tong Bio, Jalan Ikan Gurami Kelurahan Karangrejo Banyuwangi.

Di tempat ini, Anda bisa menemukan aneka makanan khas Tionghoa seperti ayam kunpai, dimsum, bakcang, lontong cap go meh, bebek dan ayam Peking, bakcang, hingga The luo Han Kuo. Pasar ini dibuka pada pada jumat malam, mulai dari pukul 16.00 Wib sampai pukul 21.00 Wib

Jika anda ingin mencoba cita rasa kuliner khas Banyuwangi ini, tentunya sangat pas memanfaatkan momen libur Panjang Tahun Baru Imlek 2023 ini, untuk berkunjung ke Banyuwangi. Anda datang ke Banyuwangi, pasti ingin Kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.