Sukses

Ular Piton 3 Meter Nangkring di Plafon Gegerkan Warga Banyuwangi

Usai melihat ular sebesar lengan tangan orang dewasa itu, warga kemudian melapor kepada perangkat desa setempat.

Liputan6.com, Banyuwangi Warga Dusun Krajan, Desa Pondoknongko, Kecamatan Kabat, Banyuwangi dihebohkan dengan munculnya seekor ular piton atau sanca kembang tiga meter di atas plafon rumah Rusifah (51).

"Ular itu ditemukan di atap rumah pada siang hari oleh pemilik rumah," kata Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Banyuwangi, Gatot Suyono, Rabu (18/1/2023).

Usai melihat ular sebesar lengan tangan orang dewasa itu, warga kemudian melapor kepada perangkat desa setempat.

"Kemudian salah satu perangkat desa, Bapak Andi melaporkan kepada kami (Dinas Damkar) lewat call center," ungkap Gatot.

Mendapat laporan dari warga, tim Dinas Damkar Banyuwangi langsung bergerak ke lokasi. Evakuasi terhadap reptil pelilit itu berlangsung hampir satu jam. Petugas sempat terkendala dengan banyaknya warga yang penasaran.

"Iya, banyak yang lihat karena penasaran. Jadi petugas kami agak kesulitan menangkap ular itu," ucapnya.

Gatot menduga ular sanca kembang tersebut berasal dari sungai yang berada di sekitar pemilik rumah. "Karena posisi rumah yang dekat bantaran sungai, memudahkan hewan masuk rumah," ujar Gatot.

Beruntung ular tersebut tidak sampai melukai pemilik rumah maupun warga setempat.

"Nihil. Tidak ada korban, ular tidak sampai melukai orang," tandas mantan Camat Srono itu.

Gatot menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap keberadaan dan serangan binatang buas di musim penghujan saat ini. Terutama bagi masyarakat yang rumahnya berada di bantaran sungai maupun dekat area persawahan.

“Kebanyakan binatang buas seperti ular di musim penghujan keluar sarang. Kami imbau masyarakat tetap waspada, jika mendapati keberadaan binatang buas jangan ditangani sendiri jika tidak ahli, silakan panggil damkar atau orang yang ahli di bidangnya,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.