Sukses

5 Rekomendasi Warung Rawon Legendaris di Malang, Wajib Dicoba

Warung rawon legendaris di Malang ini jadi jujugan para pesohor mulai kalangan elite politik sampai selebritas

Liputan6.com, Malang - Ada banyak warung legendaris yang bisa kamu temui di Malang Raya. Beberapa di antaranya menawarkan menu rawon. Sup hitam beritarasa gurih ini cocok dinikmati di tengah kesejukan udara daerah ini.

Masakan khas Jawa Timur berupa sup daging sapi berkuah hitam dengan taburan kecambah dan bawang goreng ini memiliki cita rasa khas. Kuah hitamnya itu berasal dari bumbu rempah yakni kluwek. Tak sulit mencari warung rawon di Malang Raya.

Setidaknya ada warung rawon yang sudah melegenda dan cukup dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Tak sedikit yang jadi jujugan favorit di sela traveling di daerah ini. Lantas, di mana sajakah kamu bisa menemukan warung rawon legendaris di Malang Raya?

1. Rawon Rampal

Nama Warung Rawon Rampal cukup melegenda di Kota Malang yang berdiri sejak tahun 1957. Seperti namanya, letak warung ini tak jauh dari Lapangan Rammpal. Di era modern seperti saat ini, warung ini masih mempertahankan cara memasak tradisional menggunakan tungku dan arang.

Ini adalah salah satu warung favorit para pesohor, mulai kalangan politisi elit maupun selebritas ibu kota tak jarang mampir di sini. Dua mantan Presiden yakni Megawati Soekarno Putri dan Soesilo Bambag Yudhoyono merupakan penggemar rawon olahan warung ini.

Seperti namanya, warung rawon ini terletak tak jauh dari Lapangan Rampal. Alamat lengkapnya ada di Jalan Panglima Sudirman Nomor 71A, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Buka setiap hari tanpa libur mulai pukul 07.00 sampai 14.00 WIB.

2. Rawon Brintik

Warung Rawon Brintik sudah beroperasi sejak 1942. Namanya diambil dari sosok sang pendiri yang memiliki rambut brintik alias keriting. Kini, warung tersebut dikelola oleh generasi ketiga dari sang pendiri.

Bicara soal lokasi, warung rawon ini terbilang strategis tak jauh dari Pasar Besar Kota Malang. Alamat lengkapnya ada di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 39, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Buka setiap hari, kamu sudah bisa memesan di warung rawon Malang ini mulai pukul 05.00 WIB untuk sarapan. Warung ini akan melayani pelanggan sampai sore hari saja, tepatnya tutup pukul 16.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rawon Legedaris di Malang

3. Rawon Nguling

Warung rawon Nguling juga tak kalah melegendanya di Malang, buka sejak tahun 1982. Daya tarik utama rawon di sini adalah kuahnya yang gurih dan lezat. Selain itu, kamu bisa memilih sendiri lauk yang tersedia, seperti tempe, mendol, perkedel, sate, babat, paru, dan sebagainya.

Buat kamu yang tak terlalu suka rawon, ada menu lainnnya yang mungkin cocok di lidah. Pilihannya antara lain sop buntut dan aneka penyetan.

Kalau penasaran, kamu bisa mendatangi warung rawon ini di Jalan Zainul Arifin No. 62, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Sejak pukul 07.00 WIB pagi, warung rawon ini sudah buka, hingga tutup pukul 15.30 WIB.

4. Rawon Tessy

Warung Rawon Tessy juga merupakan salah satu warung rawon legendaris di Malang. Yang membedakan warung ini dengan warung lain adalah kuah rawonnya yang tidak terlalu kental. Kamu pun bisa memilih sendiri lauk tambahannya.

Lokasi warung rawon ini cukup strategis lantaran berada tak jauh dari Stasiun Malang Kotabaru. Alamat lengkapnya ada di Jalan Trunojoyo, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Kamu bisa mengunjungi rawon ini setiap hari. Mulai pukul 07.00 WIB untuk sarapan maupun malam hari karena tutup pada pukul 22.00 WIB.

5. Rawon Pak Jenggot

Nama Warung Rawon Pak Jenggot juga tak kalah legendarisnya di Malang. Warung ini sudah beroperasi mulai tahun 1976. Cita rasa kuah rawon yang kuat masih dipertahankan hingga kini.

Saat ini lokasi warung rawon tersebut pindah dari Jalan Kawi ke lokasi baru di Jalan Sulfat No. 5, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Warung tersebut bukanya agak siang, yakni pukul 10.00 WIB hingga tutup pada pukul 00.00 WIB dini hari. Kuliner ini buka setiap hari, kecuali Minggu libur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.