Sukses

Bus Listrik Trans Semanggi Surabaya Berhenti Beroperasi, Begini Alasannya

Dinas Perhubungan Surabaya menyebutkan jika kontrak penyediaan layanan bus listrik berakhir maka secara aturan barang/jasa harus diperbaharui atau diperpanjang.

Liputan6.com, Surabaya - Bus listrik Trans Semanggi yang beroperasi di Kota Surabaya, Jawa Timur dihentikan sejak 1 Januari 2023. Dinas Perhubungan setempat menyebut bus listrik itu berhenti beroperasi karena ada perpanjangan kontrak dengan operator.

Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Tundjung Iswandaru mengatakan layanan bus listrik berhenti karena Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan evaluasi operasional bus.

"Kami terus mendorong agar layanan bus listrik dapat segera beroperasi kembali di Kota Pahlawan. Sebab, penyedia layanan ini adalah Kemenhub RI yang bekerja sama dengan DAMRI," kata dia di Surabaya, Selasa (10/1/2023).

Menurut dia, kontrak antara Kemenhub dan DAMRI tidak ada kaitannya dengan Dishub. "Kami hanya menyiapkan jalurnya, rutenya dan fasilitas pendukung berupa halte dan bus stop," ucap Tundjung.

Ia menjelaskan, kontrak penyediaan layanan bus listrik antara Kemenhub dan DAMRI pada 2022 berlangsung selama satu tahun. Sedangkan, di Surabaya bus listrik tersebut baru beroperasi mulai 20 Desember 2022.

"Mengingat tahun 2022 baru diluncurkan pada 20 Desember, otomatis selesai kontrak 31 Desember, berarti hanya 10 hari (beroperasi). Jadi jangan salah sangka bahwa pemkot diberi bus listrik, bukan. Bus listrik tersebut milik DAMRI yang dibayar Kemenhub untuk biaya layanannya," kata dia.

Untuk itu, Tundjung menyebutkan jika kontrak penyediaan layanan bus listrik berakhir maka secara aturan barang/jasa harus diperbaharui atau diperpanjang.

Oleh sebab itu, kata dia, saat ini Kemenhub RI tengah memperbarui kontrak dengan DAMRI sekaligus melakukan evaluasi operasional layanan.

"Kemenhub RI pada 3 Januari 2023 bersurat kepada Pemkot Surabaya untuk memohon waktu, bahwa layanan bus listrik masih dilakukan evaluasi operasional dan kontrak," kata Tundjung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tersendat Suplai Listrik

Meski demikian, ia memastikan bahwa Kemenhub RI juga berjanji untuk segera mungkin dapat menjalankan kembali operasional bus listrik di Kota Surabaya.

Di sisi lain, setelah beroperasi 10 hari di Kota Pahlawan, Kemenhub juga sekaligus ingin melakukan evaluasi terkait operasional bus tersebut.

"Jadinya kemarin mungkin dalam pengoperasiannya ada yang tersendat atau kurang lancar suplai kelistrikan, makanya ini lagi dievaluasi. Mereka (Kemenhub) berjanji segera mungkin melakukan layanan kembali di Surabaya," ucap dia.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Surabaya Sunoto menyampaikan sejak 20 Desember 2022, bus listrik di Surabaya beroperasi melayani rute Terminal Purabaya hingga Middle East Ring Road (MERR) Kenjeran Park.

"Dulu rute tersebut dilayani Suroboyo Bus. Dengan adanya bus listrik, maka unit Suroboyo Bus kami alihkan ke rute Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) sampai Terminal Tambak Osowilangun (TOW), untuk memperbaiki layanan di sana," kata Sunoto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.