Sukses

Jelang Perayaan Pergantian Tahun, Pasar hingga Toko Emas di Banyuwangi Dirazia Polisi

Malam pergantian tahun tinggal hitungan jari. Guna menjaga kondusivitas, Polresta Banyuwangi mulai melakukan pengetatan. Salah satunya dengan melakukan razia petasan ke sejumlah pasar dan mall, Jumat (30/12/2022).

Liputan6.com, Banyuwangi - Polresta Banyuwangi melakukan razia petasan di sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan modern, Jumat (30/12/2022) untuk memastikan kondusiivitas menjelang pesta pergantian malam tahun baru 2023.

Kasat Samabtha Polresta Banyuwangi, Kompol Subandi mengatakan, petasan mengandung bahan peledak yang berbahaya. Oleh sebab itu, benda itu dilarang digunakan selama perayaan tahun baru.

"Yang dilarang itu petasan berukuran dua inci yang memiliki ledakan cukup besar. Hasil operasi belum kami temukan, yang ada hanya kembang api biasa yang kecil-kecil," kata Subandi.

Selain petasan, Subandi menyebut yang menjadi atensi operasi adalah toko emas. Mengapa toko emas, karena di akhir tahun pembelian emas terbilang meningkat. 

Operasi yang dilakukan untuk meminimalisir tindak kejahatan seperti penjambretan atau pencurian. "Ada 3 regu yang rutin patroli, selain itu kami juga menyiagakan personel di setiap toko emas," bebernya.

Kondusivitas jalan juga menjadi perhatian. Karena beberapa bulan terakhir, sejumlah titik jalan di perkotaan Banyuwangi menjadi arena balap liar. 

"Kami rutin operasi setiap sabtu malam, karena biasanya di hari itu balap liar ini sering terjadi. Dari hasil operasi kami sudah mengamankan 70 kendaraan, tanggal 12 Januari mendatang bakal disidangkan," tegasnya.

Selain Razia petasan dan pejagaan toko emas di wilayah Banyuwangi, Polresta Banyuwangi juga melakukan pengetatan pengamanan di Pelabuhan Ketapang dan sejumlah objek vital di Banyuwangi menjelang pergantian tahun.

“Tentunya yang menjadi atensi kita adalah Pelabuhan Ketapang ya karena itu merupakan obyek vital nasional, yang merupakan pintu masuk dari dan menuju pulau Bali. Apalagi menjelang tahun baru seperti ini volume penumpang pasti terus meningkat,” paparnya.

“Selain itu objek vital lainya, seperti Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi, Gardu Induk PLN dan Depo Pertamina Tanjungwangi Banyuwangi juga menjadi pengamanan saat ini," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patroli Pelabuhan Rakyat

Menurut Subandi, Pelabuhan rakyat di Banyuwangi juga tidak luput menjadi atensi pengamanan menjelang pergantian tahun 2023 ini. Sebab di Pelabuhan rakyat juga rawan penyelendupuan barang berbahaya.

“Di Pelabuhan rakyat in ikan masih tetap rawan penyeludupan benda berbahaya, dan miras untuk itu, kami pengintruksikan kepada seluruh polsek jajaran untuk melakukan patri di sejumlah Pelabuhan rakyat di Banyuwangi. Hal ini bertujuan agar akhir tahun 2022 menuju awal tahun 2023 di Banyuwangi aman dan kondusif,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.