Sukses

Bantuan Logistik untuk Warga Terdampak APG Gunung Semeru Terus Mengalir

Pasca terjadinya awan panas guguran (APG) Gunung Semeru beberapa hari lalu, Kabupaten Lumajang menerima bantuan 100 Tabung Gas LPG.

Liputan6.com, Lumajang - PT Pos Indonesia menyerahkan bantuan sebanyak 100 tabung gas LPG kepada warga terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, bahwa dirinya berterima kasih kepada PT Pos Indonesia atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak erupsi, bantuan itu tentunya sangat membantu masyarakat.

"Hal ini membantu bagi kami yang betul-betul menjadi kebutuhan sehari-hari, rasa terimakasih saya kepada keluarga besar PT Pos Indonesia yang membantu kami dari sisi yang betul-betul dibutuhkan ril oleh masyarakat yang terdampak erupsi," ujarnya, Sabtu (10/12/2022).

Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa bencana yang terjadi merupakan bencana berulang, karena tahun sebelumnya juga terjadi erupsi di bulan Desember tahun 2021.

Lanjut dia, saat ini sudah dalam tahap penanganan yang lebih terencana, terutama masyarakat yang terdampak harus pindah ke hunian relokasi yang sudah dibangun oleh pemerintah.

"PT Pos sekarang membantu 100 tabung gas, mungkin banyak orang tidak terpikirkan bahwa ini juga menjadi kebutuhan hidup masyarakat ketika bertempat tinggal di hunian relokasi," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menerangkan, bahwa penyaluran bantuan tersebut merupakan bentuk upaya PT Pos Indonesia yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Oleh karena itu, dirinya berharap bantuan yang disalurkan nantinya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Lumajang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Dari AAU 88 Patigama

 

Bantuan Logistik juga datang, dari Akademi Angkatan Udara (AAU) 88 Patigama (Perwira 3 tahun pertama lulusan tahun 88 TNI AU).

Bantuan itu diserahkan langsung oleh, Staf Ahli Kasau Bidang Strategi Pertahanan, Kolonel Adm. Napitupulu kepada Bupati Lumajang di Posko Darurat Penanganan Bencana Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro,

"Saya baru saja menerima bantuan dari AAU 88 Patigama (Perwira 3 tahun pertama lulusan tahun 88 TNI AU). Terimakasih, bantuan ini akan kami teruskan untuk pemenuhan kelengkapan di pengungsian," ujar Bupati Lumajang.

Kata Cak Thoriq, saat ini pola pengungsian sudah mulai berangsur ada perbedaan, pada siang hari masyarakat bisa tetap bekerja dan malamnya kembali ke tempat pengungsian sebagaimana ketika awal-awal ada erupsi.

"Saya berkeinginan untuk nantinya para pengungsi yang sudah masuk ke hunian tetap, bantuan-bantuan ini bisa dibawa ke hunian tetap masing-masing menjadi milik mereka semua untuk melengkapi perabotan rumah tangganya," katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Kasau Bidang Strategi Pertahanan, Kolonel Adm. Heri Napitupulu menjelaskan, bahwa bantuan yang diberikan itu merupakan bentuk rasa empati dari TNI AU dan bentuk perhatian untuk masyarakat Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

"Kami datang dari Jakarta mewakili letting Kepala Staf Angkatan Udara, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat masyarakat Kabupaten Lumajang yang mangalami bencana," jelas dia.

Bantuan yang diberikan, yakni Beras 5kg 300 Pcs, Susu SGM 420 Pcs, Energen 36 Dus, Kopi sachet 30 Dus, Pop Mie 59 Dus, Pasta gigi 300 Pcs, Mie Instant 536 Dus, Sabun mandi 600 Pcs, Sikat gigi 300 Pcs, Shampoo 300 Rtg, Pakaian dalam atas wanita 240 Pcs, Pakaian dalam bawah wanita 300 Pcs, Pakaian dalam pria 180 Pcs, Handuk 300 Pcs, Daster 300 Pcs, Sarung 300 Pcs, Kasur 300 Pcs, dan Mukena 20 Pcs.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.