Sukses

Resmi Beroperasi, Kereta Api Blambangan Ekspres Beri Promo Tiket hingga 19 Desember

Liputan6.com, Surabaya - Kereta Api (KA) baru Blambangan Ekspres Relasi Semarang (Tawang) - Surabaya (Pasarturi-Gubeng) - Banyuwangi (Ketapang) beroperasi perdana mulai 2 Desember 2022.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengungkapkan, Blambangan Ekspres untuk mempermudah masyarakat Surabaya, Sidoarjo menuju Jember hingga Ketapang ataupun sebaliknya ke arah Bojonegoro, Semarang.

“KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang KAI operasikan dari Stasiun Ketapang Banyuwangi menuju Bojonegoro, Semarang PP. Hadirnya KA ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman dan tepat waktu,” ujarnya, Jumat (2/12/2022).

Luqman mengatakan, bagi yang ingin ke Semarang dari kota Surabaya dapat menggunakan KA Blambangan Ekspres dengan jadwal keberangkatan pukul 01.26 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng dan keberangkatan pukul 01.52 WIB dari Stasiun Pasarturi.

"Sedangkan untuk jadwal keberangkatan tujuan Ketapang dari Surabaya, dapat menggunakan KA Blambangan Ekspres dengan jadwal keberangkatan pukul 22.20 WIB dari Stasiun Surabaya Pasarturi dan keberangkatan pukul 22.44 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng," ucapnya.

Dalam perjalanannya, Blambangan Ekspres keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng tujuan Semarang Tawang juga akan berhenti di Stasiun Surabaya Pasarturi, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo guna memfasilitasi para penumpang yang akan menggunakan KA dari Stasiun tersebut.

"Sedangkan Blambangan Ekspres keberangkatan Stasiun Surabaya Pasarturi tujuan Ketapang akan berhenti di Stasiun Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota guna pelayanan naik atau turunnya penumpang," ujarnya.

Luqman menyebut, Blambangan Ekspres terdiri dari empat Kereta Eksekutif dan tiga Kereta Ekonomi dengan total tempat duduk yang disediakan sebanyak 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan.

"Pada tahap awal, Blambangan Ekspres di wilayah Daop 8 Surabaya akan beroperasi pada 2 hingga 5 Desember, selanjutnya 9 sampai 12 Desember, 16 sampai 19 Desember dan 22 Desember sampai 1 Januari 2022," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tarif Promo

Luqman menyampaikan, untuk mengenalkan hadirnya KA Blambangan Ekspres kepada masyarakat, KAI memberikan tarif promo untuk periode keberangkatan 2 sampai 19 Desember 2022.

"Untuk relasi Surabaya - Semarang Tawang maupun Surabaya - Ketapang, tarif promo dimulai dari Rp 120 ribu untuk kelas Ekonomi dan Rp 200 kelas Eksekutif," ujarnya.

“Hadirnya KA Blambangan Ekspres tidak hanya untuk memberikan alternatif transportasi kepada masyarakat, tapi juga untuk membantu meningkatkan pariwisata yang ada di wilayah-wilayah yang disinggahi,” imbuh Luqman.

Luqman menceritakan, nama KA Blambangan Ekspres berasal dari salah satu nama kerajaan yakni Kerajaan Blambangan. Kerajaan Blambangan adalah kerajaan Hindu yang berlokasi di Banyuwangi tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa.

"Kerajaan Blambangan berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke-13 Masehi hingga abad ke-18 Masehi," ujarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS