Sukses

Pembangunan AMN Surabaya Wujudkan Generasi Tangguh Kebhinekaan

Salah satu fungsi AMN merupakan hunian bersama bagi seluruh mahasiswa berprestasi, khususnya mereka para penerima beasiswa pendidikan dari berbagai daerah yang sedang berkuliah di Surabaya dan sekitarnya.

 

 

Liputan6.com, Jakarta - Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya rampung dibangun. Tempat ini merupakan wadah untuk menampung sekaligus arena pembinaan calon pemimpin bangsa. AMN diperuntukan untuk menampung mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia.

Salah satu fungsi AMN merupakan hunian bersama bagi seluruh mahasiswa berprestasi, khususnya mereka para penerima beasiswa pendidikan dari berbagai daerah yang sedang berkuliah di Surabaya dan sekitarnya.

Pembangunannya di mulai sejak September 2021. Kemudian penyelesaian pembangunan tersebut rampung hingga Mei 2022 dengan kapasitas mampu menampung mahasiswa sebanyak 532 orang. Saat ini AMN Surabaya telah dihuni oleh sekitar 410 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya dan sekitarnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pelaksana pembangunan AMN, Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya ke AMN menyatakan bahwa secara keseluruhan kondisi bangunan asrama berkualitas bagus.

"Kualitas bangunan bagus dan lanskap cukup memuaskan," ujar Senin (28/11/2022).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, M Reva Sastrodiningrat menyampaikan bahwa AMN terdiri dari 2 tower dengan masing-masing memiliki 5 lantai. Untuk menunjang segala aktivitas para mahasiswa yang menghuni AMN, juga sudah disiapkan fasilitas pendukung lainnya.

BIN sangat berperan dalam mewujudkan AMN yang layak digunakan sebagai sarana mendidik generasi muda berwawasan kebhinekaan.

"Bangunan asrama terdiri dari 2 tower setinggi 5 lantai. Fasilitas pendukung pengembangan kompetensi mahasiswa juga dibangunan seperti perpustakaan/ruang baca, ruang belajar bersama, ruang seni, laboratorium, lapangan olahraga, ruang pembinaan entrepreneurship, dan lanskap," pungkas Reva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi BIN

Mahasiswa merupakan kelompok intelektual generasi penerus bangsa. Oleh sebab itu, apresiasi perlu diberikan kepada BIN yang telah bersinergi dengan Kementerian PUPR dan Kemendikbud Ristek dalam melakukan langkah-langkah nyata dalam mewujudkan sarana mendidik generasi yang berwawasan Ke- Bhinneka Tunggal Ika bagi mahasiswa, melalui wujud pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara ini.

Badan Intelijen Negara (BIN), yang dipimpin Budi Gunawan, menjadi katalisator pembangunan AMN ini. Bahkan mulai dari perencanaan, persiapan pembangunan hingga peresmian, BIN berperan penting sehingga Pembangunan AMN terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

BIN juga menggandeng berbagai pihak dalam melakukan pembinaan terhadap para mahasiswa penghuni AMN dalam mewujudkan generasi muda tangguh dan berwawasan nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.