Sukses

Sungai Kertosono Meluap, Puluhan Rumah Warga Probolinggo Terendam Banjir

Penanganan sepanjang aliran Sungai Kertosono itu sepenuhnya menjadi kewenangan dari Provinsi Jatim, tetapi Pemkab Probolinggo terus berkoordinasi bagaimana ini bisa segera ditangani oleh Pemprov Jatim.

Liputan6.com, Probolinggo - Sungai Kertosono di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur meluap yang mengakibatkan puluhan rumah warga terendam banjir, Sabtu (19/11/2022).

Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari, Kepala Pelaksana BPBD Rachmad Waluyo dan Kepala Dinas Sosial Achmad Arif meninjau lokasi banjir di Kecamatan Kraksaan.

"Kami datang untuk melihat dari dekat dampak dan penyebab terjadinya banjir akibat luapan Sungai Kertosono," kata Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko di Kecamatan Kraksaan, dilansir dari Antara.

Peninjauan diawali di Gang Kamboja RW 05, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan yang terdapat puluhan rumah warga sempat kemasukan air akibat luapan Sungai Kertosono yang berada di sebelah timur permukiman warga.

Bahkan sisa-sisa air luapan masih menggenang di beberapa sudut rumah warga.

Peninjauan selanjutnya dilakukan di aliran Sungai Kertosono yang berada di kompleks Pondok Pesantren Al-Mashduqiyah di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan.

Di lokasi itu, rombongan melihat dari dekat kondisi bibir Sungai Kertosono yang tergerus oleh luapan banjir. Bahkan luapan air Sungai Kertosono itu langsung masuk ke komplek pondok pesantren tersebut.

"Insya Allah perencanaannya sudah dilakukan Pemprov Jatim tahun depan untuk perbaikan sekitar 7 kilometer mulai dari Desa Kalibuntu ke selatan karena memang wilayahnya Provinsi Jawa Timur," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Dinsos

Menurutnya penanganan sepanjang aliran Sungai Kertosono itu sepenuhnya menjadi kewenangan dari Provinsi Jatim, tetapi Pemkab Probolinggo terus berkoordinasi bagaimana ini bisa segera ditangani oleh Pemprov Jatim.

"Untuk penanganan terhadap warga yang terdampak dari luapan banjir Sungai Kertosono akan diberikan bantuan-bantuan yang sudah disiapkan oleh BPBD dan Dinas Sosial," ujarnya.

Selain di Kelurahan Patokan, banjir akibat luapan Sungai Kertosono itu juga melanda Desa Rangkang dan Kelurahan Kraksaan Wetan.

Dalam kesempatan Wabup Timbul juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak luapan air banjir Sungai Kertosono. Bantuan ini berasal dari BPBD Kabupaten Probolinggo dan Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.