Sukses

Pasar Murah Berkualitas Sasar Warga Probolinggo, Tekan Laju Inflasi

Penyuluh Ahli Muda DKPP Provinsi Jawa Timur Sukemi menyampaikan bahwa kegiatan pasar pangan murah berkualitas ini dilakukan untuk menjaga stabilitas dan harga pangan pokok.

Liputan6.com, Probolinggo Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Probolinggo menggelar pasar pangan murah berkualitas di halaman Kantor Kecamatan Dringu.

Kegiatan ini dilakukan untuk menekan laju inflasi serta menjaga stabilitas dan harga pangan pokok.

Dalam pasar murah berkualitas ini, masyarakat bisa membeli komoditas dengan harga terjangkau. Di antaranya, bawang putih kating Rp 18.000/kg, bawang merah Rp 25.000/kg, gula pasir Rp 12.500/kg, beras medium Rp 43.000/5 kg, beras premium Rp 57.000/5 kg, cabe merah besar Rp 5.000/0,25 kg, cabe rawit Rp 5.000/0,25 kg, telur ayam ras Rp 26.500/kg, daging ayam ras Rp 26.000/ekor, minyak Rp12.500/kg serta labu madu Rp 10.000/kg.

Penyuluh Ahli Muda DKPP Provinsi Jawa Timur Sukemi menyampaikan bahwa kegiatan pasar pangan murah berkualitas ini dilakukan untuk menjaga stabilitas dan harga pangan pokok.

“Pasar pangan murah berkualitas di Kabupaten Probolinggo ini merupakan yang ke-25. Kami keliling se-Jawa Timur untuk menjalankan program dari Ibu Gubernur Jawa Timur,” ujarnya, Jumat (18/11/2022).

Menurut Sukemi, pasar pangan murah berkualitas ini dimaksudkan untuk menjamin masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga yang wajar. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya yang ada di Kecamatan Dringu dan sekitarnya,” harapnya.

Camat Dringu Heri Mulyadi menyambut baik kegiatan pasar pangan murah berkualitas yang diperuntukkan bagi masyarakat di Kecamatan Dringu.

“Semoga harganya bisa lebih murah dari yang ada di pasaran sehingga dapat menekan laju inflasi di Kabupaten Probolinggo. Dengan harga yang terjangkau masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokoknya,” ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Dampak Inflasi

Sedangkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Probolingo Yahyadi mengatakan pasar pangan murah berkualitas ini merupakan wujud kehadiran Pemerintah Daerah dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau.

“Semoga kegiatan pasar pangan murah berkualitas ini memberikan manfaat kepada seluruh anggota masyarakat. Serta memberikan dampak kepada masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu sehingga nantinya bisa membeli dengan harga yang terjangkau di bawah standar harga pasar,” katanya.

Menurut Yahyadi, pasar pangan murah berkualitas ini adalah salah satu upaya menstabilkan harga pangan dan mengurangi dampak inflasi akibat kenaikan harga komoditas pangan. “Pasar pangan murah berkualitas ini dilakukan dengan memberikan subsidi ke sejumlah komoditas pangan sehingga memberikan harga yang lebih murah dan sangat terjangkau masyarakat,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.