Sukses

Rumah Warga Terdampak Banjir di Sobo Banyuwangi Dapat Bantuan Renovasi

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membantu perbaikan rumah warga yang rusak usai akibat banjir. Setidaknya ada 5 rumah di Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, Banyuwangi yang akan diperbaiki.

Liputan6.com, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membantu perbaikan rumah warga yang rusak akibat banjir. Setidaknya ada 5 rumah di Kelurahan Sobo, Banyuwangi, Jawa Timur yang akan diperbaiki.

Plt Kepala Dinas PU CKPP Banyuwangi, Danang Hartanto menyampaikan, perbaikan sudah dilakukan mulai Jumat (21/10/2022) kemarin

Dari lima rumah yang mendapat intervensi, satu diantaranya direnovasi ulang, karena kondisi bangunan rumah yang terbuat dari gedek itu, sudah tidak layak ditempati.

"Itu yang bener-benar harus kita tangani, apalagi masyarakat bawah. Sedangkan sisanya kita bantu sebagian, karena rumahnya masih bisa digunakan, cuma kontruksinya yang rusak," jelasnya di Banyuwangi, Sabtu (22/10/2022).

Menurut Danang, aksi sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat terdampak.

"Kita hadir memberikan pelayanan maksimal kepada warga yang sedang tertimpa musibah," cetusnya.

Dalam proses perbaikan rumah rusak milik warga terdampak banjir itu, pihaknya menggelontorkan anggaran sebesar Rp 50 juta lebih.

"Anggaran ini merupakan CSR dari teman-teman pengembang, kita kolaborasi juga dengan BPBD. Insya Allah perbaikan tuntas minggu depan. Sehingga sudah bisa ditempati," sambung Danang.

Danang berharap, adanya sentuhan bantuan perbaikan rumah itu bisa membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana. Sedangkan untuk renovasi jembatan penyebab banjir, ia mengaku akan dilakukan tahun depan.

"Renovasi jembatan yang rusak kita dianggarkan tahun depan. Sehingga kami berharap kepada masyarakat untuk bersabar. Karena anggarannya tidak sedikit, ditaksir sekitar Rp 700 juta," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.