Sukses

Hujan Lebat Mengguyur Jember, Atap Bangunan SD Gelang Ambruk

Pemerintah Kabupaten Jember langsung melakukan penanganan terhadap tiga sekolah yang rusak akibat diguyur hujan lebat.

Liputan6.com, Jember Tiga gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Jember rusak akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut. SD tersebut yaitu SDN Mojomulyo 2 di Kecamatan  Puger, SDN Badean 1 di Kecamatan Bangsalsari dan SDN Gelang 7 di Kecamatan Sumberbaru.

Di SDN Mojomulyo 02 Puger, halaman sekolah tergerus air sehingga erosi dan tanah longsor. Sedangkan di SDN Badean 01 Bangsalsari hujan lebat menyebabkan eternit jatuh.

"Di SDN Gelang 07 Sumberbaru terjadi atap bangunan sekolah ambruk akibatnya empat ruang kelas rusak,”ujar Plt Kepala Dinas Pendidian Jember Hadi Mulyono, Senin (10/10/2022).

Beruntung tidak ada korban jiwa. Sebab pada saat kejadian para siswa tengah libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kami segera perbaikan secepatnya sesuai dengan arahan dari bapak Bupati Jember. Kami langsung mengecek lokasi dan mencari solusi yang cepat agar kegiatan belajar mengajar bisa tetap berjalan," kata dia.

Pengecekan lokasi yang rusak, kata Hadi, melibatkan instansi terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember dan Muspika Puger.

Untuk penanganan sementara agar tidak terjadi erosi di halaman SDN Mojomulyo 2 dipasang kantong pasir ukuran besar, Sedangkan untuk di SDN Badean 1 diperbaiki enternitnya dengan menggunakan anggaran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) daerah yang melekat di sekolah setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanganan

“Untuk penanganan di SDN Gelang 07 Sumberbaru, pihak BPBD TNI, Polri dan Muspika setempat memasang tenda darurat agar kegiatan belajar dan mengajar bisa tetap berjalan,”paparnya

Kepala SDN Mojomulyo 02 Zuriyah Praharani berterimakasi atas kesigapan Pemkab terkait penanganan sekolah yang rusak tersebut.

“Sehingga jalan sekolah kami dapat digunakan Kembali denga aman," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.