Sukses

Dibuka Akhir Pekan Ini, Wisata Kya-Kya Surabaya Dipercantik Lampion dan Umbul-umbul

Iman Kristian mengatakan, pihaknya saat ini tengah memberikan sentuhan terakhir sebelum destinasi wisata Pecinan Kya-Kya dibuka.

 

Liputan6.com, Surabaya - Destinasi wisata Pecinan Kya-kya di Jalan Kembang Jepun Surabaya, akan dibuka akhir pekan ini.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya Iman Kristian mengatakan, pihaknya saat ini tengah memberikan sentuhan terakhir sebelum destinasi wisata Pecinan Kya-Kya dibuka.

"Intinya kami ingin mengembalikan kejayaan Kya-Kya masa lalu. Ada beberapa mural nanti, bagaimana bisa menarik pengunjung untuk datang. Golnya kami ingin menghidupkan lagi kawasan kota lama," kata Iman, Kamis (8/9/2022).

Iman menyebut konsep penataan destinasi wisata Kya-Kya hampir sama dengan Tunjungan Romansa, dimana pemkot melakukan penataan kawasan itu mulai dari pedestrian hingga penambahan fasilitas penunjang, seperti tempat duduk bagi pengunjung.

"Kami ingin yang ada di Jalan Tunjungan bisa diaplikasikan di Kya-Kya. Harapannya kawasan kota lama ini hidupnya lebih lama, karena kalau sekarang kan pukul 18.00 WIB sudah sepi," ujar dia.

Tak hanya itu, untuk mempercantik kawasan, pemkot bakal menertibkan sejumlah bangunan liar di sekitar lokasi.

"Lampion dan umbul-umbul juga akan ditambahkan. Harapannya kawasan ini lebih hidup 24 jam," kata dia.

Untuk tahap pertama, lanjut dia, destinasi wisata Pecinan Kya-Kya dibuka mulai Jalan Kembang Jepung hingga menuju arah selatan ke perempatan Jalan Slompretan-Jalan Songoyudan atau sepanjang 250 meter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan 66 UMKM

 

"Untuk hari Jumat dilakukan trial. Sedangkan pembukaannya masih dibicarakan, bisa dibuka pada Sabtu malam minggu. Pembukaan di tahap awal sampai Jalan Slompretan, nanti kami evaluasi sambil jalan," ujar dia.

Kepala Dinas UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos menambahkan untuk tahap awal, pembukaan wisata Pecinan Kya-Kya akan melibatkan sekitar 66 pelaku UMKM. Tentunya UMKM yang terlibat lebih banyak menghadirkan kuliner khas pecinan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.