Sukses

Banjir Bandang Kota Batu, 2 Orang Meninggal dan 4 Hilang

Ada 12 korban banjir bandang di Kota Batu dengan rincian dua orang meninggal dunia, enam orang berhasil dievakuasi dan empat orang masih hilang

Liputan6.com, Kota Batu - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu terus berusaha mengevakuasi korban jiwa akibat bencana banjir bandang di daerah tersebut. Sampai dengan Kamis malam, dilaporkan ada 12 orang korban dalam bencana alam itu.

Berdasarkan data BPBD Kota Batu, dari 12 korban itu dua orang di antaranya ditemukan meninggal dunia. Enam korban sudah berhasil dievakuasi dan empat orang lagi masih hilang dan dalam proses pencarian oleh tim SAR Gabungan.

“Jumlah korban akan terus kami update dan saat ini masih dalam proses pencarian,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim dalam siaran tertulisnya, Kamis, 4 November 2021.

Dua korban meninggal yakni Wiji, warga RT 6 RW 4, Dusun Sambong, Desa Bulukerto. Korban berjenis kelamin perempuan itu ditemukan di Kali Sambong. Satu korban jiwa lagi ditemukan di Dusun Beru, seorang pria berusia sekitar 60 tahun dan belum diketahui identitasnya.

Empat korban hilang dan masih dalam pencarian yakni, Sarip dan Tokip, keduanya warga RT 6 RW 4, Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Bumiaji. Adi Wibowo, warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu dan Wakri, warga Dusun Sabrang Bendo, Desa Giripurno, Bumiaji.

Enam korban berhasil dievakuasi yakni Bayu Agung Setiawan dan Saiful. Keduanya warga Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan bisa dievakuasi dengan selamat. Lalu empat korban bisa dievakuasi dan mengalami luka.

Keempatnya yakni Fainis, warga Sumbersari, Linda Ariesta, warga Dusun Kajar, Bumiaji, Muhoratul Jannah, warga Jalan Samadi, Kota Batu , ketiganya dirawat di Puskesmas Bumiaji. Terakhir, M Arif, warga LA Sucipto, Kota Malang, dirujuk ke RS Prasetya Husada Karang Ploso.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerusakan Dampak Banjir

Selain korban jiwa, BPBD Kota Batu mencatat banjir bandang ini juga mengakibatkan 21 rumah, 27 motor dan tiga mobil rusak. Sejumlah hewan ternak milik warga seperti sapi dan kambing juga hanyut disapu banjir. Hampir semuanya berada di Desa Bulukerto, Bumiaji.

“Jumlah itu yang terdata sampai dengan Kamis malam,” kata Rochim.

BPBD Kota Batu mencatat ada enam titik lokasi banjir bandang yang terjadi pada Kamis, 4 November 2021 sekitar pukul 14.00 WIB. Keenam lokasi itu yakni Dusun Sambong dan Dusun Beru di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

Lalu Desa Sumberbrantas dan Dusun Gemulo, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Berikutnya, Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo dan Jalan. Raya Dieng, Desa Sidomulyo di wilayah Kecamatan Batu.

“Sampai saat ini masih dilakukan penanganan dan evakuasi korban terdampak bencana,” kata Rochim.

Selain evakuasi korban terdampak, sampai dengan Kamis malam, tim gabungan bersama warga terus membersihkan material banjir bandang. Semua yang terlibat dalam penanganan pasca bencana ini diimbau selalu waspada sebab ada potensi hujan lebat mengguyur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.