Sukses

Kuota Salat Id di Masjid Al Akbar Surabaya Sudah Penuh, Jemaah Diminta Ambil Kartu

Jemaah yang mendapatkan slot kuota diminta ke Masjid Nasional Al Akbar untuk mengambil kartu tanda masuk.

Liputan6.com, Surabaya - Pengurus Masjid Nasional Al Akbar Surabaya memastikan jumlah kuota 6.000 orang yang disediakan untuk Salat Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah sudah terpenuhi.

"Kuota Salat Id tahun ini memang hanya 6.000 orang atau 15 persen dari jumlah kapasitas jamaah yang jumlahnya 40 ribu orang," ujar Kepala Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) Helmy M Noor di Surabaya, Kamis malam, 6 Mei 2021.

Kuota tersebut diberlakukan untuk pembatasan jumlah orang sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan, dilansir dari Antara.

Jemaah yang mendapatkan slot kuota, kata Helmy, diminta ke Masjid Nasional Al Akbar untuk mengambil kartu tanda masuk dan wajib dibawa ketika pelaksanaan Salat Id.

"Mohon maaf bagi para jamaah yang tak memiliki kartu tidak diperkenankan mengikuti Salat Idulfitri di Masjid Al Akbar," ucap Helmy.

Sebagai bentuk pengetatan protokol kesehatan, pihaknya juga memberlakukan aturan, seperti wajib bermasker, wajib mencuci tangan, jaga jarak antarsaf, dan tak berkerumun.

"Bahkan, untuk teknisnya, jemaah wanita masuk area masjid Al Akbar Surabaya melalui pintu utara, sedangkan jemaah pria masuk melalui pintu selatan. Tapi, jemaah wanita dan pria bisa juga lewat pintu timur," kata dia.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilarang Berjabat Tangan

Pihaknya mengimbau jemaah yang sedang sakit tidak memaksakan diri datang ke Masjid Al Akbar dan akan dilakukan skrining suhu tubuh sebelum masuk area masjid.

Pada waktu Salat Id, imam memilih serta membacakan surat-surat pendek, durasi khotbah juga dipersingkat, serta dilarang berjabat tangan usai salat.

Salat Id akan dimulai pukul 06.00 WIB dipimpin K.H. Abdul Hamid Abdullah (selaku imam besar Masjid Al Akbar), sedangkan khotbah oleh Prof Dr K.H. Imam Mawardi (Guru Besar UINSA Surabaya).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak beserta Pelaksana Harian Sekda Provinsi Jatim Heru Tjahjono dijadwalkan mengikuti Salat Id di Masjid Al Akbar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.