Sukses

12 Tokoh Awali Vaksinasi Covid-19 Perdana di Malang

Vaksinasi Covid-19 di Kota Malang dimulai pada Kamis pagi ini dengan penyuntikan secara simbolis terhadap 12 orang

Liputan6.com, Malang - Pemerintah Kota Malang mulai menjalankan progam vaksinasi massal. Penyuntikan perdana vaksin Covid-19 secara simbolis dilakukan terhadap 12 orang pada Kamis, 28 Januari pagi ini di Gedung Bersama Lantai 4 Balai Kota Malang.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkot Malang, Nur Widianto mengatakan, 12 orang yang mendapat penyuntikan dosis pertama vaksin Covid-19 itu mulai dari pejabat daerah sampai tokoh masyarakat.

“Penyuntikan vaksin secara simbolik ini menandakan vaksin telah tiba dan mulai dilakukan di Kota Malang,” kata Nur Widianto, Rabu, 27 Januari 2021.

Ke-12 orang yang disuntik vaksin paling awal itu yakni, Sofyan Edi Jarwoko (Wakil Wali Kota Malang), I Made Riandiana Kartika (Ketua DPRD), Kompol Sutantyo (Kabag Ops Polres Malang Kota), Letkol Arm Ferdian Primadhona (Dandim 0833).

Nuruli Mahdilis (Kepala Pengadilan Negeri), Andi Darmawangsa (Kajari), Rosidah Inayati (Persagi), Djoko Heri Hermanto (IDI), Baroni (FKUB), Isroqunnajah (PC NU), Gilang Widya Pramana (Influencer) dan Anjar Rahmansyah (komunitas disabilitas).

Di Lantai 4 Gedung Bersama disiapkan empat meja yang masing – masing ada dua tenaga kesehatan. Para tenaga kesehatan itu telah mendapat pelatihan penyuntikan vaksin. Termasuk mengobservasi penerima vaksin setelah disuntik.

“Setelah disuntik langsung diobservasi, apakah ada gejala efek samping atau seperti apa,” ujar Nur Widianto.

Setiap penerima vaksin Covid-19 akan dua kali disuntik. Untuk 12 orang yang terlibat dalam penyuntikan dosis pertama ini, rencananya akan kembali disuntik dosis kedua pada 10 hari kemudian.

“Penyuntikan dosis kedua bisa langsung ke fasilitas layanan kesehatan, karena tahap perdana ini sebagai simbolis saja,” tutur Nur Widianto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Vaksinasi

Sebanyak 10.240 dosis vaksin Covid-19 telah tiba di Kota Malang sejak Senin, 25 Januari 2021. Diberikan untuk dua kali dosis penyuntikan pada 5.120 penerima vaksin yang terdaftar dalam Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan.

Nur Widianto menyatakan, meski vaksinasi secara simbolik telah dilakukan, tapi sejauh ini belum dapat dipastikan jadwal vaksinasi berikutnya. Namun secara keseluruhan vaksinasi tahap awal di Kota Malang ditarget selesai pada 28 Februari.

“Target penyelesaian vaksinasi tahap pertama itu serentak untuk semua daerah di Jawa Timur,” kata Nur Widianto.

Sementara itu, kasus Covid-19 di Kota Malang sampai dengan 27 Januari 2021 ada 5.203 kasus terkonfirmasi positif. Dari jumlah itu, 460 pasien di antaranya meninggal dunia, 4.310 pasien sembuh dan 433 pasien masih dirawat.

Sedangkan kasus suspek total ada sebanyak 5.066 pasien yang 519 orang di antaranya diisolasi di rumah sakit, 229 isolasi mandiri di rumah, 108 orang meninggal dunia dan 4.210 discarded atau dinyatakan selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.