Sukses

Mau Berwisata di Lumajang? Ikuti Aturan Ini

Pengelola wisata diminta melengkapi fasilitas sesuai dengan aturan protokol kesehatan dan saya melihat pengelola wisata Panorama Air Terjun Tumpak Sewu telah melengkapi fasilitas itu.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Bupati Lumajang, Jawa Timur, Indah Amperawati meminta pengelola pariwisata mematuhi protokol kesehatan seiring dengan rencana dibukanya kembali sejumlah objek wisata dalam menghadapi era normal baru.

"Saya minta pengelola wisata melengkapi fasilitas sesuai dengan aturan protokol kesehatan dan saya melihat pengelola wisata Panorama Air Terjun Tumpak Sewu telah melengkapi fasilitas itu," kata wabup usai mengunjungi objek wisata Panorama Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis, 18 Juni 2020.

Menghadapi era normal baru, lanjut dia, sejumlah pengelola wisata di Kabupaten Lumajang melakukan persiapan, tidak terkecuali untuk wisata panorama Air Terjun Tumpak Sewu, dilansir dari Antara.

Hal tersebut terlihat dari beberapa fasilitas sarana prasarana yang sudah dilengkapi oleh pengelola, sehingga objek wisata Panorama Air Terjun Tumpak Sewu sudah siap untuk kembali dinikmati wisatawan.

Wisata yang menjadi salah satu unggulan Kabupaten Lumajang tersebut sudah menyediakan perlengkapan cuci tangan dengan sabun di beberapa titik jalur menuju lokasi wisata, namun tidak hanya itu, terlihat juga tanda yang menginstruksikan agar para pengunjung wisata tidak bergerombol di antrian loket tiket.

Pengelola wisata juga menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh, sehingga pengunjung yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat Celcius tidak diperkenankan masuk.

"Kami masih belum bisa menyampaikan kapan akan dibuka nya kembali objek wisata di Lumajang untuk masyarakat umum," tuturnya di Lumajang, Jawa Timur.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Masuk Tempat Wisata

Wabup yang biasa dipanggil Bunda Indah itu mengatakan agar para pengunjung juga tetap diwajibkan untuk menggunakan masker dan apabila tidak mematuhi aturan protokol kesehatan, maka para pengunjung dilarang untuk masuk.

"Saya tetap mengimbau masyarakat yang ingin melakukan kunjungan ke objek wisata, agar mematuhi aturan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan," katanya.

Sementara, pengelola wisata Panorama Air Terjun Tumpak Sewu, Abdul Karim mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan untuk nantinya menyambut para pengunjung di era normal baru.

"Kami sudah melakukan perawatan, perbaikan akses jalan menuju lokasi, penambahan MCK, tempat cuci tangan di berbagai tempat sudah disiapkan dan untuk batas-batas pengunjung juga," katanya.

Ia juga mengatakan pengunjung yang tidak menggunakan masker, dilarang untuk masuk ke lokasi wisata Panorama Air Terjun Tumpak Sewu, sehingga masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.