Sukses

Angel Lelga Pilih ke Jakarta Demi Jadi Artis

Namanya mulai tenar saat diberitakan menjadi istri siri Raja Dangdut Rhoma Irama. Kini, Angel pun menjelma menjadi artis yang dikenal publik. Tidak hanya hasil karyanya, namun juga dengan sensasi-sensasinya. Termasuk salah satunya mengenai pencalegannya untuk masuk menjadi anggota DPR.

Pemilik nama asli Angel Lelga Anggreyani ini lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Januari 1981. Dia mengawali karier sebagai penyanyi dangdut dan juga pemeran sinetron.  Angel adalah anak ke 3 dari 5 bersaudara, putri pasangan Michel Jonathan keturunan Manado-Belanda dan Juniarti yang asli Solo. Semasa sekolah, ia menempuh pendidikannya di SD & SMP Maranatha, SMA Budi Luhur, dan menyelesaikannya Universitas Bina Nusantara (S1).

Angel datang ke Jakarta bersama ibu dan juga saudara-saudaranya. Saat itu, Angel bukanlah siapa-siapa. Kepergiannya ke Jakarta untuk mengadu nasib pun sama seperti kebanyakan orang yang ingin mencari peruntungan.



"Dulu, saya ke Jakarta ajak ibu dan saudara-saudara perempuan saya bukan naik pesawat. Kita naik kapal laut, buat naik kapal pun kita nggak bisa beli tiket. Saya ingat saat itu saya sambil menggendong adik saya yang paling kecil. Akhirnya kita diperbolehkan naik kapal tapi duduknya di bagian tangga dengan alas kardus. Sambil lihat laut, saya berpikir, di Jakarta saya mau ngapain ya? Nanti saya jadi apa? Tapi kan saya bisa jadi model. Saya pingin jadi orang terkenal dan ngerasain hidup di Jakarta," kata Angel mengenang masa lalunya.

Tekad Angel untuk ke Jakarta salah satunya memang untuk memperbaiki nasib keluarganya. Apalagi, saat itu dirinya memang menjalani kehidupan dengan kondisi orangtuanya yang berpisah.

"Semua saudara kandung saya kan perempuan. Kami sangat sayang sama ibu. Ibu saya orang yang kuat, tegas dan tempramental tapi ia sangat menyayangi kami. Dulu waktu ayah saya masih jaya, saya bisa melihat banyak uang di tempat tidur. Lalu bisnis ayah jatuh sampai adik saya harus berhenti sekolah. Saya pun sempat berhenti sekolah waktu itu. Ibu akhirnya berpisah dengan ayah. Ibu cukup kuat menghadapi itu dan selalu menyayangi kami sampai sekarang," kenang Angel.



Sejak awal, Angel memang sudah yakin dengan bakat dan kemampuannya. Dirinya memang bercita-cita ingin menjadi seniman atau model di dunia entertainmen. Sesampai di Jakarta, dirinya juga tak menduga akan mendapatkan kesempatan untuk sekolah model.  Berawal dari salah masuk kelas, Angel pun bisa menjadi model internasional.

"Dulu kan saya tomboy, suka pakai kaos sama jeans robek-robek. Lalu saya memilih ikut sekolah kepribadian. Saat masuk kelas, saya bingung kok yang di dalam banyak cewek-cewek yang berjalan lenggak-lenggok kayak model. Pengajarnya saat itu Pierre Gruno. Lalu saya tanya, 'Pak, ini kelas apa? saya mau masuk kelas yang kayak orang kaya itu, yang belajar cara makan minum, cara duduk, cara bersikap,' terus dia bilang itu di kelas sebelah. Tapi Pierre Gruno malah nahan saya. Katanya saya cocok jadi model," cerita Angel.

Akhirnya Angel menerima tawaran tersebut dan sempat dididik oleh Adjie Notonegoro. Beruntungnya Angel karena dia langsung mendapatkan kontrak untuk menjadi model di Singapura.



"Setelah itu saya ikut sekolah model lagi sama mas Adjie Notonegoro atas saran dari Pierre Gruno. Setelah itu, saya dapat kontrak buat jadi model di Singapura. Dari situ semua mengalir. Saya sering difoto untuk majalah juga," kata Angel.

Dengan kemunculan Angel di banyak majalah model membuat dirinya dikenal oleh Raja Dangdut Rhoma Irama.  "Dan bang Haji (Rhoma Irama) juga menemukan saya saat foto saya muncul di salah satu majalah di Singapura," lanjutnya. Rhoma Irama memang kabarnya saat itu sedang mencari pemain untuk menjadi lawan mainnya di sinetron Ibnu Sabil.

Hubungan Rhoma dan Angel diawali dari perkenalan mereka saat syuting sinetron Ibnu Sabil. Menurut sumber di kalangan yang dekat dengan Rhoma, sebenarnya Angel justru tidak masuk dalam daftar pemain di sinetron Ibnu Sabil awal tahun 2003. Kala itu Rhoma masih dipusingkan dengan bintang utama wanita yang akan mengisi sinetron yang diproduksinya itu.



Produksi sinetron Ibnu Sabil pun sempat tertunda-tunda lantaran Rhoma belum menemukan pasangan mainnya. Lantas ada seorang kru yang meminta Rhoma untuk segera memulai syuting sinetron tersebut seraya menyodorkan foto Angel Lelga. Karena pertimbangan untuk segera memulai syuting, akhirnya Rhoma menerima usul kru sinetron itu. Syuting pun dimulai dengan Rhoma sebagai Ibnu Sabil berpasangan dengan Angel yang berperan sebagai Revala.

Dari lokasi syuting dan ketertarikan Angel untuk menjadi muslimah, pertemuan Angel dan Rhoma pun semakin intens. Meski kala itu sudah santer terdengar kalau Angel telah dinikahi Rhoma, namun keduanya selalu menutup-nutupi hubungan mereka. "Beliau menjadi pembimbing saya untuk menjadi muslimah," demikian komentar Angel setiap ditanya perihal kedekatannya dengan Rhoma Irama.

Angel Lelga sendiri sempat mengaku kalau ia merasa beruntung saat itu bertemu dengan Rhoma Irama. Apalagi, dirinya memang memilih menjadi mualaf dan belajar agama dengan Rhoma.



"Saya merasa beruntung bisa mengenal bang Haji. Mungkin kalau nggak kenal beliau, saya sudah jadi orang nggak benar. Saya dulu kan non muslim, bang Haji banyak mengajari saya tentang Islam sampai saya jadi mualaf," pungkas Angel.(Adt)