Sukses

Video Ganti Baju Shinta Bachir untuk Propaganda Film?

Video Shinta Bachir ganti banyak mengandung kejanggalan menurut pakar telematika. Diyakini, video ini hanya untuk propaganda film.

Video Shita Bachir ganti baju banyak mengandung kejanggalan. Hal itu dikatakan salah seorang pakar telematika Abimanyu Wachjoewidajat, atau yang biasa disapa Abah.

Menurut Abah, dari data-data yang ada, sangat mungkin bila video itu hanya propaganda untuk mempromosikan film terbaru yang dibintangi Shinta Bachir, Pulau Hantu 3.

Seperti beritakan sebelumnya [Baca: Keanehan Video Shinta Bachir Menurut Pakar Telematika], dalam video tersebut banyak mengandung kejanggalan. Salahsatunya, adanya proses editing dalam video tersebut. Selain itu, terlihat jelas ada perbedaan ukuran payudara wanita yang tak terlihat wajahnya, dengan wanita dengan wajah Shinta Bachir.

Sejak video tersebut ramai, video aslinya yang berdurasi 1:24 telah dihapus dan kini malah berganti dengan video berdurasi 1:23, atau lebih pendek satu detik dari durasi sebelumnya. Di video terbaru ini, terlihat adanya pergantian scene yang berulang pada detik 00:55 dihilangkan menjadi satu kali saja.

"Kesimpulannya, ada pihak yang berupaya membuat kasus ini agar lebih terlihat tidak ada rekayasanya, yakni dengan merapikan konten. Tapi dia lupa bahwa apa yang sudah diunggah di Internet akan selamanya ada. Buktinya ada tayangan baru lagi yang masih berdurasi 1:24 atau masih seperti sedia kala," kata Abah, dalam sebua rilis yang dikirim kepada Liputan6.com.

Abah bisa memastikan bahwa dalam video tersebut tidak ada rekayasa digital seperti pergantian wajah. Adapun rekayasa yang terjadi adalah sebatas pemotongan adegan-adegan tertentu.
 
"Atas apa yang terjadi menurut saya pelaku pengunggah belum dapat dituntut melanggar UU ITE 27 ayat 1. Karena tayangan sebagian payudara seperti itu bukan tindakan asusila. Sebagai contoh, di kolam renang umum banyak kita lihat sudut pandang seperti itu," jelas Abah.

Meski begitu, Abah yakin kalau pengunggah video tersebut mempunyai kepentingan untuk propaganda film yang berkaitan dengan tayangan video tersebut. Seperti diketahui, video tersebut diambil ketika syuting untuk film Pulau Hantu 3.

"Kita tahu, di Indonesia cara propaganda seperti ini, dengan gimmic tertentu sudah menjadi lumrah," kata Abah.

Baca juga:

Payudara Shinta Bachir Berbeda dari Si Wanita Misterius
Heboh Video Shinta Bachir Ganti Baju
Shinta Bachir Syok Video Ganti Bajunya Beredar
Video Ganti Baju Beredar, Shinta Bachir Ogah Lapor Polisi



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini