Sukses

Muse Bakal Kembali ke Akar Musiknya Saat Rekaman Tahun Depan

Muse merencanakan sebuah kejutan bagi para fansnya melalui album baru yang sedang disiapkan untuk meluncur pada awal 2015.

Berdirinya Muse sebagai band beraliran rock progresif membuat para pecinta musik di seluruh dunia mengidolakan ketiga personel yang memiliki kemampuan bermusik di atas rata-rata ini.

Enam album telah ditelurkan oleh Matthew Bellamy (gitar, vokal), Christopher Wolstenholme (bass), dan Dominic Howard (drum) sejak Showbiz (1999) hingga The 2nd Law (2012). Akan tetapi, awal mula sukses mereka diraih setelah merilis Absolution (2003).

Kini, nyaris 19 tahun berlalu semenjak awal mereka terbentuk pada 1994, maka dipersiapkanlah sebuah album terbaru yang akan menjadi karya ketujuh Muse. Pastinya, lagu-lagu baru yang belum pernah dirilis akan hadir di situ.

Akan tetapi, ternyata Muse merencanakan sebuah kejutan bagi para fansnya. Album baru yang sedang disiapkan untuk meluncur pada awal 2015 itu, berencana untuk kembali ke akar musik Muse yang selama ini nyaris meredup seiring bertambahnya usia.

Dikutip dari Triple J melalui NME (16/12/2013), Matt Bellamy menyatakan beberapa hal terkait album baru bandnya yang masih dalam tahap pengembangan. "Saya sudah membuat beberapa lagu keren. Kami belum ada kesempatan untuk berlatih membawakan lagu-lagu baru.

"Kami akan istirahat tahun depan untuk beberapa bulan dan kemudian kami akan masuk ke studio. Kalau semuanya berjalan baik, album baru akan rilis dengan lancar pada awal atau akhir 2015. Natal 2014 mungkin akan ada single berikutnya," ungkap Matt.

Sang vokalis juga sempat memberi petunjuk mengenai konsep album baru Muse. Menurutnya, musik di album baru bakal memiliki nuansa seperti di awal karier band ketimbang meneruskan format yang belakangan sedang digarap. Artinya, Muse akan kembali ke akar musik mereka ketimbang bereksperimen lebih jauh.

"Saya memiliki gambaran bagus mengenai album selanjutnya. Saya sedikit merasa ini akan menjadi baik untuk menyambung kembali dan mengingat lagi diri kami sendiri dengan dasar siapa kami sebenarnya," jelasnya saat menjelaskan konsep musik baru Muse.

Kemudian, Matt juga melanjutkan, "Saya memiliki perasaan kuat kalau album selanjutnya harus menjadi sesuatu yang benar-benar menanggalkan hal-hal tambahan yang sudah kami jadikan eksperimen dengan dua album terakhir, yang berbau elektronik, simfoni dan orkestra serta semua hal seperti itu."

Terakhir kali, Muse terlibat dalam pengisian soundtrack film World War Z yang rilis Juni 2013 lalu. Nomor seperti Isolated System dan Follow Me bergema di beberapa adegan hingga menambah suram nuansa film ini.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini