Sukses

Perform Tanpa Gitar Lukis, Dewa Budjana Merasa Ada yang Hilang

"Lama-lama jadi ada yg terasa hilang kalau (main gitar) tanpa ada lukisan," ungkap Dewa Budjana

Jika biasanya Dewa Budjana selalu identik dengan gitar "magic blue" miliknya, kali ini gitaris grup band Gigi tersebut lebih sering menggunakan gitar lukis untuk menunjang performnya di atas panggung.

Hobi seni rupanya belakangan ini memang dianggap Budjana sebagai hal yang unik dan menarik. Terlebih lagi, dirinya baru saja meresmikan Museum Gitarku yang berisi 34 gitar hasil goresan tangan para pelukis terkenal Tanah Air.

Bahkan, Budjana merasa ada yang hilang dari dirinya jika tanpa memakai gitar lukis miliknya.

"Karena sekarang saya sering pakai gitar ukir, jadinya ke ciri khas saya. Malah lama-lama jadi ada yg terasa hilang kalau (main gitar) tanpa ada lukisan," ungkap Dewa Budjana di Museum Nasional, Jakatra, Jumat (30/8/2013).

Diakui pria yang baru saja berulang tahun ke-50 ini, walau gitar yang dilukis mengalami sedikit perubahan suara. Namun, justru hal itulah yang membuat jadi sebuah ciri khas. "Kalau berubah justru lebih bagus ya, ketika dilukis dan berubah, itu jd ciri khasnya," papar Dewa Budjana.

Saking cintanya dengan gitar lukis, ayah dua anak ini tak berkenan untuk menjual gitarnya tersebut meski ditawar dengan harga selangit.

"Saya nggak akan lepas, ini cuma pamer gitar saja. Pernah ada kolektor lihat gitar yang dilukis Putu Wijaya, saya nggak kasih. Nggak mungkin dilepaslah itu sebuah respek antarseniman musik dan perupa," tegas Dewa Budjana. (Ras)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini