Sukses

HYBE Duga Ada Upaya Kudeta di ADOR, Dokumen Rahasia Kabarnya Dibocorkan ke Pihak Ketiga

Sebaliknya CEO ADOR Min Hee Jin menyebut berkeras akar permasalahan dengan HYBE adalah konsep debut ILLIT yang menjiplak NewJeans.

Liputan6.com, Jakarta Genderang perang antara HYBE dan CEO ADOR Min Hee Jin telah ditabuh. Hal ini berawal dari konfirmasi HYBE bahwa pihaknya tengah menggelar audit internal terhadap manajemen ADOR.

Dilansir dari Yonhap News, Selasa (23/4/2024), sumber dari dalam industri hiburan Korsel menyebut alasan digelarnya audit adalah karena ada kecurigaan ADOR ingin lepas dari HYBE.

Sementara itu The Korea Times menyebut ada dugaan bahwa Min Hee Jin hendak menguasai manajemen agensi ini, dengan menjual porsi saham milik HYBE di ADOR kepada investor yang mereka inginkan.

Sejumlah sumber menyebut bahwa target audit ini adalah Min Hee Jin, dan satu orang eksekutif lain di perusahaan ini. Tim dari HYBE dikabarkan sudah menyita sejumlah data di kantor ADOR, dan melakukan wawancara langsung dengan sejumlah staf di agensi ini.

HYBE juga dilaporkan mencurigai dua eksekutif ADOR telah membocorkan dokumen rahasia perusahaan seperti kontrak artis kepada pihak luar. Tujuannya, menarik investor dan mendiskusikan cara membujuk HYBE menjual sahamnya di ADOR. Sekadar informasi, HYBE memegang 80 persen saham ADOR.

Sang sumber anonim juga menyebut HYBE berencana mengambil langkah hukum terhadap manajemen ADOR bila dianggap perlu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

HYBE Benarkan Kabar Audit ADOR

Kabar adanya audit telah dibenarkan pihak HYBE. “Benar bahwa perusahaan menggunakan haknya untuk mengaudit manajemen ADOR atas dugaan manajemen mencoba mengambil alih kendali perusahaan,” kata seorang pejabat HYBE.

Di sisi lain, Min Hee Jin merilis pernyataan resminya terkait skandal ini.

3 dari 4 halaman

Karena Debut ILLIT?

Ada dua hal besar yang Min Hee Jin sampaikan dalam pernyataannya. Pertama, ia menuding keretakan hubungan antara pihaknya dengan HYBE adalah karena debut ILLIT.

Konsep debut pelantun “Magnetic” tersebut dianggap meniru NewJeans, grup K-Pop dari ADOR. “Mereka mencoba mendepakku, karena aku menyuarakan isu mengenai ILLIT meniru NewJeans,” kata Min Hee Jin.

4 dari 4 halaman

Disebut Media Play

Min Hee Jin juga membantah keras tudingan hendak mengambil alih kekuasaan. Ia bahkan menilai tudingan ini adalah media play, alias akal-akalan untuk menyetir opini publik lewat media.

“Mereka mencoba permainan media yang konyol seperti CEO Min Hee Jin ‘mencoba merebut manajemen’,” kata Min Hee Jin. Ia berkeras akar masalah ini adalah konsep debut ILLIT yang menjiplak NewJeans.

“Tampaknya HYBE dan Belift Lab beserta Bang Si Hyuk berpikir bahwa mengeluarkan CEO Min Hee Jin akan mengakhiri masalah ini, tanpa perlu memberi permintaan maaf atau tindakan yang tepat,” imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.