Sukses

Bintang Film Exhuma Choi Min Sik Kenang Memori Masa Kecil, Nonton Ritual Perdukunan Korea

Dalam Exhuma, Choi Min Sik berperan sebagai praktisi feng shui yang mesti bekerja sama dengan dua dukun muda Korea.

Liputan6.com, Jakarta Choi Min Sik kini tengah bungah. Pasalnya, film yang ia bintangi, Exhuma, kini tengah meledak di box office Korea Selatan. Dilansir dari Soompi, Senin (4/3/2024) film Korea ini berhasil mengumpulkan 6 juta penonton hanya dalam waktu 11 hari masa penayangan.

Exhuma sendiri berkisah tentang dua syaman atau dukun, Hwa Rim (Kim Go Eun) dan Bong Gil (Lee Do Hyun) yang dipanggil untuk membantu sebuah keluarga Korea kaya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dalam memecahkan kasus yang berakar dari pemakaman keluarga ini, kedua dukun ini dibantu oleh ahli feng shui Sang Deok (Choi Min Sik) dan petugas pemakaman Young Geun (Yoo Hae Jin).

Topik syamanisme Korea ternyata bukan hal asing bagi Choi Min Sik. Aktor Korea ini ternyata kerap menyaksikan sepak terjang para dukun tradisional Korea semasa kecilnya.

Dilansir dari wawancara dengan The Korea Times yang dipublikasikan beberapa waktu lalu, salah satu upacara yang kerap digelar di lingkungannya kala dirinya kecil, adalah gut. Ia menjelaskan bahwa gut adalah ritual untuk mencegah kemalangan, mengusir roh jahat, hingga upaya menyembuhkan luka batin.

“Rasanya seperti menonton konser. Saya terutama suka sekali karena kami punya banyak makanan yang biasanya tak kami makan," kata bintang drakor Big Bet ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seperti Doa Nenek

Baginya, ritual semacam ini seperti doa yang dilantunkan para nenek dan tetua, agar anak cucu mereka diberikan kesehatan dan keselamatan.

“Tradisi ini diwariskan selama beribu-ribu tahun,” kata dia. Karena itu, ia juga tak sepakat dengan orang-orang yang menyingkirkan tradisi ini dan menganggapnya sebagai takhayul semata.

3 dari 4 halaman

Beraduk Akting dengan Para Junior

Sementara itu dalam Exhuma, Choi Min Sik mesti beradu akting dengan para juniornya di dunia hiburan. Meski jauh lebih senior, aktor 61 tahun ini enggan tampil cemerlang sendirian.

“Aku mencoba untuk memastikan bahwa karakterku tak menonjol atau tampak kurang di antara empat (karakter utama),” kata sang aktor veteran.

 

4 dari 4 halaman

Belajar Feng Shui

Sementara untuk mendalami karakternya, Choi Min Sik juga menyempatkan diri untuk belajar tentang feng shui. Namun ia mengakui, bahwa apa yang ia pelajari masih sangat sedikit.

"Dunia feng shui begitu mendalam dan masif, dan aku tak dapat memahaminya setelah beberapa bulan mempelajarinya,” kata dia. Sepanjang berakting, ia mengingatkan pada dirinya sendiri bahwa para praktisi feng shui terus menerus mengamati kondisi alam di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.