Sukses

Operasi Kanker Sarkoma Alice Norin Berhasil, Tak Ada Penyebaran dan Rahim Tidak Diangkat

Beberapa hari menjelang jadwal operasi di tanggal 7 Februari 2024, Alice Norin berubah pikiran.

Liputan6.com, Jakarta Aktris Alice Norin pergi ke Singapura untuk menjalani pengobatan kanker sarkoma. Di sana, dia dihadapkan pada dua pilihan, apakah ingin menjalani operasi dengan metode laparotomi ataukah laparoskopi.

Awalnya, dia memilih untuk menjalani bedah terbuka laparotomi, namun beberapa hari menjelang jadwal operasi di tanggal 7 Februari 2024, dia berubah pikiran. Alice ingin mengganti dengan metode laparoskopi karena beberapa pertimbangan.

"Jujur mulai deg-degan lagi karena hari operasi semakin dekat, dan kita mulai berpikir ulang, kira-kira mungkin enggak ya kalau operasinya dengan metode sayatan kecil aja supaya recovery bisa lebih cepat. Terutama aku mikir kasihan anak-anak kalau misalnya aku harus down time-nya lama banget," katanya dalam video di TikTok dikutip pada Kamis (22/2/2024).

"Kemudian sampailah di klinik dokter Tay dan tanya sama beliau 'Apa mungkin kita ubah metode operasinya ke laparoskopi'. Beliau bilang 'kalau dari hasil scan bisa-bisa aja, tapi tetap ada risiko ya, takut ada penyebaran. But we will do our best for you.' Dan akhirnya kita memberanikan diri memilih operasi laparoskopi," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil dari Operasi Laparoscopi

Operasi dengan metode laparoskopi pun dilakukan. Setelah sadar dari pengaruh obat bius, dokter yang menanganinya memberi kabar baik. Tak ada organ reproduksi Alice Norin yang harus diangkat.

"Kemudian aku dibawa ke ruang operasi, prosesnya sekitar 2,5 jam dan dibius total, benar-benar tidak sadarkan diri dan tidur sepanjang malam sampai besoknya. Pada 8 Februari 2024, dokter Tay masuk ke ruanganku memberi tahu bahwa proses operasi berjalan sangat lancar, tidak ada penyebaran dan tidak harus ada pengangkatan rahim," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Alice Sangat Bersyukur

Kabar baik ini tentu membuat Alice Norin sangat bersyukur. "Walaupun masih dalam keadaan lemas, hati kecil tidak berhenti mengucap syukur karena rasanya seperti diberi mukjizat dan diberi kesempatan kedua dalam hidup. Alhamdulillah," paparnya.

Ibu tiga anak ini kemudian menceritakan soal efek dari operasi metode laparoskopi yang dijalaninya. Selain nyeri pada luka sayatan, dia juga merasa mual hebat.

"Dan cepat banget lemasnya, jadi lebih banyak tiduran. Seminggu di Singapura rasanya enggak karu-karuan jadi sering video call anak-anak. Aku bersyukur mereka sangat perhatian dan selalu berusaha menghibur aku," terangnya.

4 dari 4 halaman

Warganet Ikut Senang

Warganet pun ikut bersyukur mendengar kabar baik dar kondisi Alice Norin.

"Spontan nyebut alhamdulillah pas tau op nya lancar dan gaperlu angkat rahim🥺🥺 semangattt kakk km hebattt," kata salah satu netizen.

"Dokter rekomondasi bget .. kemarin kaka hampir angkat rahim krn dr di jakarta sdh menyarankan . Tp kaka saya ke dokter tay dan alhamdulillah sembuh," ujar warganet lain.

"Aaaak aku ngikutin bbrp vt terakhir hanya untuk mengetahui perkembanganmu. Alhamdulillah ya Allah.. semoga cpt pulih yaa," tambah yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.