Sukses

Alice Norin Didiagnosis Kanker Sarkoma, Ungkap Kemungkinan Semua Organ Reproduksi Diangkat

Alice Norin mengungkap gejala awal sebelum dia didiagnosis oleh dokter mengidap kanker sarkoma.

Liputan6.com, Jakarta Kabar buruk datang dari artis Alice Norin. Melalui akun TikTok pribadinya, wanita berusia 36 tahun ini menceritakan bahwa dia divonis mengidap kanker sarkoma, yaitu salah satu kanker langka yang berkembang di otot rahim.

Melalui sebuah video, bintang sinetron ini mengungkap gejala awal sebelum dia didiagnosis oleh dokter mengidap kanker sarkoma. Kata Alice, ada rasa sakit di perut bagian bawah sejak Agustus 2023.

"Dan ketahuan kalau aku ada miom yang menurut dokter sih kalau enggak mengganggu enggak usah dioperasi. Biasanya enggak terlalu aku rasain, tapi akhir tahun kemarin sakitnya benar-benar enggak ketahan dan aku mutusin cek di hari itu juga," ujarnya dalam video yang diunggah pada Jumat (16/2/2024).

"Karena aku pikir mau liburan pas tahun baru, jadi aku pikir lebih baik dibuang aja miomnya, karena sudah mengganggu ke tahap yang nyerinya hebat banget. Pas banget suami ada di rumah hari itu jadi aku ajak dia buat ke dokter," sambungnya.

Sampailah dia di rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan dan dokter memiliki dugaan yang buruk. Alice ditanya apakah dia memiliki riwayat kanker segara genetika.

"Itu aku sama suami diam lama akhirnya aku bilang pelan-pelan kalau almarhumah mama meninggal karena kanker. Beliau akhirnya jelasin miomnya sekitar 6 cm besarnya, dan ada pembuluh darah di dekat miom yang harusnya enggak ada. Ini bisa menandakan keganasan," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Pemeriksaan Dokter Fetomaternal 

Jadi, Alice Norin disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter Fetomaternal di rumah sakit yang sama. Dan apa yang dikhawatirkan dokter sebelumnya ternyata terbukti.

"Banyak pembuluh darah di dekat miom menandakan kemunginan keganasan. Keluar dari dokter, suster langsung telepon dokter A lagi, dan karena sifatnya emergency langsung dijadwalkan bertemu lagi dengan beliau besok paginya. Itu malamnya susah tidur, kepikiran, syok," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Alice Menjalani Operasi Besar dan Kemungkinan Terburuknya

Dan tibalah keesokan hari di tanggal 13 Desember 2023. Dokter menjelaskan bahwa kemungkinan Alice menderita kanker sarkoma dan harus segera menjalani operasi besar karena sifatnya sudah darurat.

"Harus segera dioperasi dengan cara midline laparotomi alias dibelek dari atas ke bawah. Karena setelah miomnya dibiopsi, jika ganas, semua organ reproduksi dan dua kelenjar belakang harus dikeluarkan untuk stop kemungkinan kanker menyebar," cerita Alice Norin.

"Artinya aku akan menopause dini dan yang pasti enggak bisa lagi punya anak lagi. Kita akhirnya menjadwalkan operasi besar di Sabtu, 16 Desember. Aku sama suami kayak enggak dikasih waktu mencerna, is this real?" tutupnya.

4 dari 4 halaman

Disemangati Warganet

Di kolom komentar banyak yang menyemangati Alice Norin dan menceritakan pengalaman yang sama.

"Kak.. aku juga sarcoma. kalau aku letaknya di paha kiri, clear cell sarcoma namanya. udah operasi 2x. semangat kakak," kata salah satu netizen.

"Kak mama aku juga kena cancer sarkoma.. saran aku berobat ke singapore aja ke mount E bertemu sama dr see hui ti namanya," ujar netizen lain.

"Aku 28 tahun, blm punya anak & udah histerektomi total. semangat kak," yang lain menimpali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.