Sukses

Aghniny Haque 14 Hari Belajar Mandikan Jenazah dan Pasang Kafan, Gurunya Punya Pengalaman 40 Tahun

Membintangi film Pemandi Jenazah, Aghniny Haque belajar memandikan mayat selama 14 hari dari pemandi jenazah yang berpengalaman sekitar 40 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Mengawali 2024, Aghniny Haque bersiap melepas film terbaru, Pemandi Jenazah karya sineas Hadrah Daeng Ratu yang telah melahirkan dua box office tahun lalu yakni Sijjin dan 172 Days.

Dalam film Pemandi Jenazah, Aghniny Haque memerankan Lela, anak Siti (Djenar Maesa Ayu) yang berprofesi sebagai pemandi jenazah. Hidupnya seketika kelam saat Siti meninggal dunia. Lela yakin Siti berpulang secara tak wajar.

Lela memandikan jenazah Siti. Untuk mendalami peran, Aghniny Haque menjalani workshop selama 14 hari atau 2 minggu. Ia belajar memandikan mayat dari pemandi jenazah benaran yang berpengalaman 40 tahun.

“Saya menjalani workshop langsung sama pemandi jenazah yang kurang lebih berprofesi selama 40 tahun. Sudah senior banget. Saya belajar hal baru, merasakan kehidupan seorang pemandi jenazah yang enggak mudah,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemandi Jenazah Profesi Sakral

Dalam konferensi pers di Epicentrum XXI Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2024), Aghniny Haque mengaku ada sejumlah hikmah yang ditarik setelah berlatih memandikan jenazah.

“(Ini profesi yang) sakral, susah, karena yang dihadapi kematian. Di sini aku pendalaman karakternya dari baca skrip, kurang lebih 2 minggu belajar memandikan jenazah sampai bikin kain kafannya sendiri,” Aghniny Haque menyambung.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Perihal Kafan

“Jadi (kafan) itu enggak digunting ya, dari tangan langsung mengukurnya. Pakai tangan. Aku senang banget punya pengalaman baru dan bisa merasakan langsung hidup seorang pemandi jenazah,” cetus bintang film Mencuri Raden Saleh.

Aghniny Haque menyebut, 14 hari hanya untuk belajar memandikan jenazah. Lalu, 1,5 bulan lainnya ia mendalami dialog maupun naskah, dan memetakan interaksi Lela dengan sejumlah karakter lain dalam dunia Pemandi Jenazah.

 

4 dari 4 halaman

2 Minggu Belajar Mandikan Jenazah

“Dua minggu untuk belajar memandikan jenazah saja. Keseluruhan proses pendalaman karakternya, sekitar dua bulan karena saya sudah colongan baca skrip duluan. Jadi, bisa lebih dalam memerankan Lela,” Aghniny Haque mengakhiri.

Pemandi Jenazah diproduksi Visual Media Studio atau VMS. Ini kali pertama VMS memproduksi film. Pemandi Jenazah dimodali naskah Lele Leila yang baru saja menang Best Screen Writer di Festival Film Asia Pasifik 2023.

Selain Djenar Maesa Ayu dan Aghniny Haque, Pemandi Jenazah dibintangi Ibrahim Risyad, Amara Sophie, Nola Be3, Mian Tiara, dan Ruth Marini. Film ini akan menyapa bioskop se-Indonesia mulai 22 Februari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.