Sukses

Kaleidoskop 2023: 10 Artis Tanah Air Meninggal Dunia, Nanie Darham Akibat Dugaan Malapraktik hingga Kiki Fatmala yang Berjuang Lawan Kanker

Liputan6.com telah menyampaikan berita duka para selebriti yang meninggal dunia sepanjang 2023, kali ini kami rangkum dalam Kaleidoskop 2023.

Liputan6.com, Jakarta Duka kembali menyelimuti tahun 2023. Sejumlah artis Tanah Air meninggal dunia. Beberapa di antara artis yang sudah berpulang untuk selamanya, merupakan nama-nama yang selama ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Rasa kehilangan pun tak hanya dirasakan oleh keluarga dan para sahabat artis yang meninggal dunia sepanjang 2023. Para penggemar dan publik secara luas juga turut merasakan kesedihan sembari mengenang jejak rekam para mendiang.

Beberapa artis Indonesia yang berpulang untuk selamanya sepanjang tahun 2023 juga sempat membuat publik terkejut. Pasalnya, beberapa di antara mereka tampak masih sehat. Namun begitu, ada juga yang telah menjalani perawatan sebelum dipanggil Sang Maha Kuasa.

Liputan6.com telah menyampaikan berita duka para selebriti yang meninggal dunia sepanjang 2023. Kabar tersebut telah kami rangkum melalui Kaleidoskop 2023. Berikut deretan nama-namanya, mulai dari Nanie Darham dan Kiki Fatmala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Nani Wijaya

Artis senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis, 16 Maret 2023. Kabar duka ini disampaikan langsung oleh anak mendiang, Cahya Kamila, lewat unggahan di Instagram.

Sekitar dua pekan sebelum Nani Wijaya meninggal dunia, kondisi kesehatannya memang sempat menurun bahkan harus dilarikan ke rumah sakit.

Nina Kartika, putri bintang sinetron Bajaj Bajuri ini, menjelaskan bahwa sang ibu sempat mengalami sesak nafas. Keluarga pun melarikannya ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Nina Kartika, putri bintang sinetron Bajaj Bajuri ini, menjelaskan bahwa sang ibu sempat mengalami sesak nafas. Keluarga pun melarikannya ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Nina Kartika juga menjelaskan bahwa ibunya memang memiliki riwayat penyakit yang tak bisa dianggap enteng. Nani sempat terserang stroke yang menyebabkan bagian tubuhnya tidak dapat digerakkan.

"Lalu ada luka di belakang karena terlalu banyak berbaring, ada luka di atas tulang ekornya, sehingga menimbulkan infeksi yang jadi komplikasi ke ginjal dan leukositnya tinggi," jelas Nina.

 

 

3 dari 11 halaman

2. Iqbal Pakula

Iqbal Pakula, pemain sinetron Dari Jendela SMP, meninggal dunia pada Selasa dini hari, 25 April 2023. Kabar duka tersebut semula diketahui melalui pesan siaran yang diterima kalangan pewarta.

Dalam pesan itu, diketahui Iqbal Pakula meninggal dunia pada usia 46 tahun di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta Selatan akibat sakit gagal napas dan jantung.

Jenazah Iqbal Pakula dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan. Isak tangis mengiringi prosesi pemakamanan Iqbal Pakula, terutama dari rekan-rekan almarhum di sinetron.

"Telah kami saksikan bersama, kita hantarkan ke pemakaman terakhir Mas Pakula, yang meninggal di Rumah Sakit Siloam. Kami keluarga beterimakasih kepada para takziah yang sudah hadir," ujar salah satu perwakilan keluarga selama pemakaman, di TPU Menteng Pulo.

"Hal ini menjadi nasihat kita yang masih hidup, bahwa kita juga akan mengalami hal yang sama. Mudah-mudahan almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa," sambungnya.

 

4 dari 11 halaman

3. Carlo Saba

Carlo Saba, salah satu vokalis band legendaris Kahitna, meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Rabu, 19 April 2023 pukul 21.00 WIB.

Carlo Saba di Kahitna, Yovie Widianto, mengaku terkejut saat mendengar kabar Carlo Saba meninggal dunia. Apalagi, ia dan teman-teman yang lain sudah bertemu Carlo Saba beberapa hari sebelum meninggal dunia.

"Kami mendapat kabar tuh jam sembilan malam, kebetulan saya sama istri baru selesai sholat, lalu dapat kabar (meninggal dunia) dari keluarganya Mas Carlo," ungkap Yovie Widianto di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2023).

"Tentunya kaget, karena sehari sebelumnya semakin sehat. Bahkan beberapa hari sebelumnya Carlo itu sudah ketemu teman-teman, sudah ikut bukber. Sehingga kita pikir Carlo mau ikut konser lagi nanti," sambungnya.

Yovie Widianto membenarkan kabar Carlo Saba sempat menjalani pemasangan ring pada jantungnya. Namun yang ia ketahui, sahabatnya tampak terlihat sehat, meski pada akhirnya takdir berkata lain.

"Iya dua hari lalu, dan sudah kelihatan tampak sehat. Tapi saya belum tahu lagi gimana-gimananya. Mungkin sudah takdirnya dipanggil Tuhan, jadi kami semua menghiklaskan," ujar Yovie Widianto.

 

 

5 dari 11 halaman

4. Eeng Saptahadi

Eeng Saptahadi meninggal dunia pada Minggu, 21 Mei 2023 di Rumah Sakit Primaya, Bekasi. Kabar duka ini diketahui melalui unggahan dari pemerhati film, Yan Widjaya. Eeng Saptahadi diketahui meninggal dunia di usia 65 tahun.

"RIP Eeng Saptahadi (Indramayu 15/2/1958 - Bekasi 21/5/2023) aktor watak dari IKJ," cuit tulis Yan Widjaya di Twitter pada Senin (22/5/2023).

Lebih lanjut, Yan Widjaya menyebut bahwa Eeng Saptahadi itu meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

"Wafat krn terpapar Covid di RS Primaya, Bekasi, Minggu malam," tutupnya.

Pecinta sinetron Takdir Cinta Yang Kupilih juga berduka atas kabar Eeng Saptahadi meninggal dunia. Eeng Saptahadi merupakan tokoh penting di sinetron yang ditayangkan SCTV itu.

Eeng Saptahadi diketahui merebut hati pemirsa televisi dengan karakternya sebagai Pak Asraf. Kini, karakter tersebut tinggal kenangan.

 

6 dari 11 halaman

5. Ikranagara

Aktor senior Ikranagara meninggal dunia setelah mengembuskan napas terakhirnya di usia 79 tahun. Bintang film Keluarga Markum ini 

Kabar duka ini diketahui dari sang anak, Innosanto Nagara, yang disebarkan oleh Ketua Humas PARFI, Evry Joe, melalui pesan singkat yang dikirimkan ke Liputan6.com, Senin, 6 Maret 2023.

Ikranagara meninggal dunia pada usia 79 tahun di tanah kelahirannya, Bali.

Dijelaskan Evry Joe bahwa sebelum meninggal dunia, Ikranagara sempat mengalami sakit stroke.

"Berita duka itu dari anaknya Bang Ikranagara, Innosanto. Beliau sudah empat tahun ini kayaknya sakit stroke," ucapnya melalui voice note.

 

7 dari 11 halaman

6. Nomo Koeswoyo

Nomo Koeswoyo, salah satu personel Koes Bersaudara, meninggal dunia pada Rabu, 15 Maret 2023, sekitar pukul 20.30 WIB, di kediamannya di Jalan Soekarno Hattta, Magelang, Jawa Tengah.

Drummer band legendaris itu meninggal dunia di usia 85 tahun. Kabar duka ini dibenarkan oleh musisi Damon Koeswoyo, keponakan dari Nomo Koeswoyo sendiri. 

"Iya benar, beliau sudah meninggal dunia di rumahnya di Magelang,” ujar Damon Koeswoyo saat dikonfirmasi lewat pesan singkat selular, Rabu (15/3/2023) malam.

Jenazah sempat disemayamkan di rumah duka, di kediaman Chicha Koeswoyo di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

Setelah itu, jenazah mendiang personel Koes Plus ini dikebumikan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan. 

 

8 dari 11 halaman

7. Nano Riantiarno

Salah seorang seniman sekaligus pendiri Teater Koma dan tokoh di dunia seni peran teater, Norbertus Riantiarno atau yang lebih dikenal sebagai Nano Riantiarno, meninggal dunia pada Jumat pagi, 20 Januari 2023.

Kabar tersebut sempat disampaikan melalui unggahan Instagram Story akun Teater Koma. Jenazah sempat disemayamkan di Teater Koma, Bintaro, Jakarta Selatan dan dimakamkan di Taman Makam Giri Tama, Bogor pada Sabtu (21/1/2023).

Sebelumnya, diketahui bahwa Nano Riantiarno sempat sakit dan dirawat selama lebih dari dua pekan. Nano dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember 2022 lalu.

 

9 dari 11 halaman

8. Nanie Darham

Nanie Darham yang dikenal sebagai aktris film horor dan pernah main dalam film Air Terjun Pengantin, meninggal dunia pada Selasa, 21 Oktober 2023.

Kabar duka ini cukup mengejutkan, mengingat Nanie Darham telah lama absen dari panggung hiburan Tanah Air.

Nanie Darham diduga meninggal dunia akibat dugaan malapraktik selama menjalani prosedur operasi sedot lemak.

Proses liposuction dilakukan di sebuah klinik di Jakarta Selatan pada tanggal 21 Oktober 2023, dengan biaya operasi mencapai Rp300 juta.

 

 

10 dari 11 halaman

9. Kiki Fatmala

Aktris yang terbilang senior, Kiki Fatmala, meninggal dunia pada 1 Desember 2023 di usia 56 tahun karena komplikasi akibat kanker.

Selama dua tahun belakangan, Kiki Fatmala memang beberapa kali tampil di muka publik untuk menceritakan soal perjuangannya melawan kanker.

Kiki Fatmala didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium pada 2021 lalu.

Dalam wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV bersama Maia Estianty, Kiki mengungkap penyakit ini awalnya diketahui saat suaminya, Christopher, ingin melakukan pemeriksaan cancer marker dalam general checkup di RS.

Kala itu Kiki merasa kondisinya baik-baik saja, tapi suami memintanya tetap melakukan cancer marker karena dua sahabatnya terkena kanker.

“Akhirnya dicek, kita ke rumah sakit dicek semua pas keluar hasilnya, ada sesuatu di paru-paru. Masih, ‘Apa, nih?’ Dilanjutin di CT Scan ternyata dokter bilang, ‘Wah ini kayaknya kanker’,” tutur Kiki Fatmala kala itu.

Untuk mengalahkan sel kanker yang bersarang di tubuhnya, Kiki menjalani kemoterapi hingga delapan kali. Dalam wawancara pada 2022 lalu, ia mengungkap penyakit ini akhirnya bisa dikendalikan. Namun takdir berkata lain.

11 dari 11 halaman

10. Yayu Unru

Yayu Unru, aktor peraih 2 Piala Citra, meninggal dunia di usia 61 tahun setelah berjuang melawan serangan jantung.

Yayu Unru menjalani pemasangan ring setelah dua kali kena serangan jantung. Serangan pertama terjadi pada 4 Desember 2023.

Serangan kedua, muncul keesokan harinya. Anak Yayu Unru, Naza Unru, sempat menyebut fase kritisnya telah lewat. Namun takdir berkata lain.

Jenazah bintang serial The Last of Us ini sempat disemayamkan di rumah duka di kawasan Kayu Putih Utara, Pulo Gadung, Jakarta.

Jenazah Yayu Unru kemudian dimakamkan di TPU Kampung Kadang, Cilandak, Jakarta Selatan. Kesedihan mengiringi Yayu ke peristirahatan terakhirnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini