Sukses

Jenita Janet Ungkap Perjalanan Melatih 3 ODGJ Menjadi Penyanyi Hingga Merilis Karya Musik

Ketiga orang ODGJ itu, menurut Jenita Janet, memiliki tingkat kesembuhan mencapai 80 persen.

Liputan6.com, Jakarta Jenita Janet tak main-main saat diminta melatih tiga orang ODGJ menjadi penyanyi. Ini dilakukannya dengan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Pelantun lagu "Jagalah Setiamu" diketahui mendapat tugas melatih vokal tiga ODGJ dari Yayasan Al-Fajar Berseri dalam program bertajuk "ODGJ Jadi Bintang".

Ketiganya dilatih Jenita hingga mampu menghasilkan masing-masing sebuah single musik atau karya lagu.

Mereka adalah Rosi Arisha , Elsi Ardella, dan Silla Swastika yang dinilai memiliki bakat spesial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakat Terpendam

“Di sana banyak bakat-bakat yang terpendam, ketiganya sangat pantas dan layak kita support,” ujar Jenita di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (17/12/2023).

Elsi Ardella menghadirkan single berjudul “Janji Manismu” dan Rosi Arisha berjudul “Bertahan”. Lagu-lagu tersebut ciptaan OXAND dan Joko Antik sebagai produser musik.

 

 

3 dari 4 halaman

Terharu

Ketiga orang yang terpilih, menurut Jenita, memiliki tingkat kesembuhan mencapai 80 persen. Selama proses latihan, masuk dapur rekaman sampai akhirnya melahirkan single, Jenita terharu melihat usaha dan kerja keras para ODGJ untuk bisa menampilkan bakat yang selama ini terpendam.

“Mereka benar-benar berusaha untuk bisa normal, pulih seperti sedia kala. Mereka punya keinginan besar untuk menunjukkan kemampuan menyanyi yang ada,” ungkap pemilik lagu "Diriject" ini.

 

4 dari 4 halaman

Bukan Latihan Sederhana

Jenita mengakui, melatih para ODGJ tidak sesederhana melatih orang pada umumnya. Butuh pendekatan tersendiri, sehingga mereka bisa merasa nyaman dan mengeluarkan vokal yang baik.

"Ke mereka nggak bisa langsung belajar teknik vokal segala macam. Tapi bagaimana kita membebaskan mereka untuk meluapkan perasaan mereka lewat nada. Kita jagain not-notnya, biar bisa fokus lagi," ungkap Jenita.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.