Sukses

Yoo Ah In Hadiri Sidang Perdana Kasus Narkoba, Ada Dakwaan yang Disanggah

Awalnya sidang dijadwalkan pada 14 November 2023, tanggal persidangan diubah karena permintaan dari pengacara Yoo Ah In.

Liputan6.com, Jakarta Setelah berbulan-bulan melalui masa penyidikan, kasus penyalahgunaan narkoba Yoo Ah In akhirnya disidangkan pada Selasa (12/12/2023). Sang aktor mengikuti sidang di Divisi Perjanjian Pidana 25-1 Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

Bintang film Seoul Vibe ini didakwa dengan berbagai tuduhan, termasuk kebiasaan menggunakan narkoba, merokok dan ajakan penggunaan ganja, penghancuran barang bukti, melanggar UU Pelayanan Medis, dan penipuan.

Awalnya sidang dijadwalkan pada 14 November 2023, tanggal persidangan diubah karena permintaan dari pengacara. Yoo Ah In hadir di pengadilan mengenakan kemeja yang dilapisi dengan jas dan celana hitam.

Sebelum memasuki ruang sidang, Yoo Ah In kembali menjawab pertanyaan wartawan dan mengungkap penyesalannya.

"Saya minta maaf karena telah menyebabkan kekhawatiran banyak orang. Saya akan dengan kooperatif dalam proses persidangan dan melakukan apa pun yang saya bisa. Saya ingin meminta maaf sekali lagi kepada mereka yang sangat kecewa dan mengalami banyak kerugian karena aku," tuturnya.

Dalam persidangan, pihak Yoo Ah In mengakui bahwa aktor berusia 37 tahun tersebut memang telah menyalahgunakan obat terlarang. Salah satunya adalah ganja. Namun ada juga tuduhan yang disanggah.

"Kami mengakui bahwa terdakwa terlibat dalam kejahatan umum yaitu menghisap ganja. Namun beberapa dakwaan, seperti mengajarkan cara merokok ganja dan menghancurkan barang bukti, berbeda dari fakta atau dilebih-lebihkan," terangnya dikutip dari Allkpop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta dan Prinsip Hukum

"Ada banyak hal yang perlu ditinjau secara mendalam mengenai fakta dan prinsip hukum. Saya akan memberikan pendapat saya tentang hal itu setelah meninjau bukti secara menyeluruh," sambung pengacara.

Diberitakan sebelumnya, media setempat melaporkan bahwa dalam dakwaan, tercatat Yoo Ah In telah menggunakan total 9,6 liter propofol tingkat medis pada 181 kesempatan terpisah di 14 rumah sakit berbeda dalam rentang waktu 2 tahun.

3 dari 4 halaman

Beli Obat Terlarang dengan Nama Orang Lain

Diberitakan oleh Allkpop, 2 November 2023, ia juga didakwa menggunakan 567 miligram midazolam, 10,7 mililiter ketamine, dan 200 miligram remimazolam serta 1.150 obat tidur secara ilegal yang diperoleh dari 44 transaksi berbeda dengan menggunakan nama orang lain.

Tak hanya itu, Yoo Ah In juga dituduh menyuruh orang lain menggunakan ganja yang dicurigai sebagai upaya menyembunyikan penggunaan narkoba dirinya sendiri.

4 dari 4 halaman

Menyuruh Seorang YouTuber Merokok Ganja?

Setelah YouTuber berinisial A tahu bahwa Yoo Ah In menggunakan ganja, aktor berusia 37 tahun ini dikabarkan menyuruh A untuk mencoba rokok. Awalnya, permintaan itu ditolak oleh YouTuber tersebut, tapi Yoo Ah In malah menyuruhnya untuk menghirup ganja lebih dalam ketika A akhirnya menyerah dan pura-pura merokok.

Yoo Ah In diduga melakukan hal ini agar YouTuber tersebut tidak melaporkannya ke polisi karena kandungan obat terlarang juga sudah terkandung dalam tubuh A kala itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini