Sukses

5 Potret Putri Leonor Sang Calon Ratu Spanyol, Pewaris Takhta yang Tengah Jalani Pendidikan Kemiliteran

Putri Leonor dari Spanyol diambil sumpah setianya, bertepatan dengan ultahnya ke-18.

Liputan6.com, Jakarta Putri Leonor dari Spanyol baru saja memasuki usia 18 tahun pada Selasa (31/10/2023) kemarin. Dalam momen spesial ini, ia menjalani prosesi yang tak hanya penting bagi dirinya, tapi juga negaranya.

Dilansir dari People, tepat pada hari ultahnya ini, sang calon ratu Kerajaan Spanyol ini diambil sumpah setianya terhadap Konstitusi Spanyol.

Dalam menjalani event penting ini, ia ditemani oleh kedua orangtuanya, Raja Felipe dan Ratu Letizia. Tak ketinggalan hadir pula adik perempuannya, Putri Sofia.

Sumpah setia ini diambil di hadapan Cortes Generales atau Parlemen Spanyol, dalam Kongres Deputi di Madrid.

“Saya bersumpah untuk menjalankan tugas saya dengan setia, untuk menjaga dan memastikan bahwa Konstitusi dan undang-undang dipatuhi, untuk menghormati hak-hak warga negara dan Komunitas Otonom, serta kesetiaan kepada Raja,” kata Leonor dalam upacara ini.

Francina Armengol, presiden dari Cortes Generales, menerima sumpah Putri Leonor. Ia menjawab, “Cortes Generales baru saja menerima sumpah yang diambil oleh Yang Mulia, sesuai dengan Konstitusi, sebagai pewaris Mahkota.”

Sebenarnya siapakah calon pewaris takhta Kerajaan Spanyol ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kelahiran 2005

Leonor sang Putri Asturias, lahir pada 31 Oktober 2005 silam dan merupakan anak sulung dari Raja Felipe VI. Nama panjangnya, adalah Leonor de Borbón y Ortiz.

Ia punya satu adik, yakni Infanta Sofia.

3 dari 6 halaman

2. Latihan Militer

Pada Agustus lalu, Putri Leonor mulai menjalani pelatihan di Akademi Militer Zaragoza di Spanyol, sebagai persiapannya memimpin Kerajaan Spanyol. Ia akan menjalani pelatihan ini selama tiga tahun.

4 dari 6 halaman

3. Jalani Pendidikan Angkatan Laut dan Udara

Putri Leonor akan menjalani peatihan kemiliteran yang ketat.

Tahun depan, Putri Leonor akan pindah ke Angkatan Laut, dan bekerja sebagai Taruna di Sekolah Militer Angkatan Laut Marín dan di Kapal Pelatihan Juan Sebastián de Elcano.

Setelah itu, melanjutkan pendidikan di Angkatan Udara dan Luar Angkasa, di Akademi Udara Umum San Javier dari tahun 2025 hingga 2026.

5 dari 6 halaman

4. Calon Panglima Tertinggi Spanyol

Putri Leonor akan menjadi Ratu Spanyol pertama sejak Ratu Isabella II, yang memerintah dari tahun 1833 hingga 1868. Bila nanti ia naik takhta, Putri Leonor sekaligus juga mengemban tanggung jawab sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata Spanyol.

6 dari 6 halaman

5. Ikuti Jejak Ayah

Putri Leonor mengikuti jejak ayahnya, bersumpah setia pada ulang tahun ke-18. Raja Felipe yang kini berusia 55 tahun,  mengucapkan janji pada tahun 1986.

Menurut laporan Daily Mail, Putri Leonor kini dapat bertindak sebagai wali saat sang Raja berhalangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.