Sukses

Putri Leonor, Calon Ratu Spanyol Jalani Sumpah Setia Tepat di Ulang Tahun ke-18

Putri Leonor dari Spanyol telah mengambil langkah baru menuju takhta. Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-18, calon ratu Spanyol di masa depan itu menandai tonggak sejarah tersebut dengan bersumpah setia kepada Konstitusi Spanyol.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Leonor dari Spanyol telah mengambil langkah baru menuju takhta. Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-18, calon ratu masa depan itu menandai tonggak sejarah dengan bersumpah setia kepada Konstitusi Spanyol pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Calon ratu Spanyol itu ditemani oleh orangtuanya, yaitu Raja Felipe dan Ratu Letizia, serta adik perempuannya Putri Sofia (16) saat acara di Kongres Deputi di Madrid. Putri Leonor berjanji kesetiaannya kepada negaranya di hadapan Cortes Generales (parlemen Spanyol) saat ia datang.

"Saya bersumpah untuk menjalankan tugas saya dengan setia, untuk menjaga dan memastikan bahwa Konstitusi dan undang-undang dipatuhi, untuk menghormati hak-hak warga negara dan Komunitas Otonom, serta kesetiaan kepada Raja," kata Leonor dalam upacara khidmat, menurut istana kerajaan Spanyol dikutip dari People, Rabu (1/11/2023).

Francina Armengol, presiden Cortes Generales, menerima sumpahnya dan menjawab, "Cortes Generales baru saja menerima sumpah yang diambil oleh Yang Mulia, sesuai dengan Konstitusi, sebagai pewaris Mahkota. Perempuan dan pria. Hidup Konstitusi! Panjang umur raja! Hidup Spanyol!"

Putri Asturias melanjutkan tradisi penting saat ia mencapai usia dewasa dan mengikuti jejak ayahnya. Menurut pengadilan, pasal 61.2 Konstitusi Spanyol menyatakan bahwa "Putra Mahkota, setelah mencapai usia dewasa, dan Bupati atau Bupati setelah menjalankan fungsinya, akan mengambil sumpah yang sama, seperti halnya kesetiaan kepada Raja."

Raja Felipe (55), mengucapkan janji yang sama pada ulang tahunnya yang ke-18 pada 1986, dan putri sulungnya sekarang dapat bertindak sebagai wali saat dia tidak ada, lapor Daily Mail. Upacara tersebut berakhir secara patriotik ketika unit musik Pengawal Kerajaan memainkan lagu kebangsaan dan penghormatan 19 senjata ditembakkan di lapangan terbuka Katedral Almudena, tempat Felipe dan Letizia menikah pada 2004.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemberian Medali oleh Presiden Kongres

Keluarga kerajaan Spanyol pindah ke meja pers, di mana Putri Leonor diberikan medali oleh presiden Kongres dan Senat, dan dia menandatangani Buku Kehormatan Kongres Deputi edisi kedua. Para bangsawan meluangkan waktu untuk menyapa perwakilan pemerintah, pejabat, dan tamu lain yang diundang ke acara tersebut di Hall of Lost Steps, sebelum mengikuti parade militer di luar.

Prosesi tersebut menampilkan unit-unit dari ketiga Angkatan Darat dan Garda Sipil, sebuah penghormatan yang pantas di tengah pelatihan militer tiga tahun Putri Leonor dengan Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Putri Leonor, orangtua dan saudara perempuannya kemudian melakukan perjalanan ke Istana Kerajaan Madrid, di mana Raja Felipe menghadiahkan kepada pewarisnya Takhta Kerajaan dan Ordo Spanyol Terhormat Carlos III.

Penghargaan bersejarah ini merupakan tingkatan kesatriaan tertinggi di Spanyol, yang diberikan untuk mengakui pengabdian yang patut dicontoh kepada bangsa, dan terdiri dari lima derajat yaitu Kerah, Salib Agung, Angka Pujian, Pujian, dan Salib. 

3 dari 4 halaman

Kalung Eksklusif untuk Keluarga Kerajaan Spanyol

Menurut pengadilan, Kalung Charles III eksklusif untuk anggota keluarga kerajaan Spanyol dan kepala negara serta pemerintahan, ditambah warga negara yang telah memegang pangkat Grand Cross setidaknya selama tiga tahun. Hanya 25 warga negara Spanyol yang masih hidup (kecuali keluarga kerajaan) yang dapat menerima kalung tersebut sekaligus.

Saat menerima kehormatan tersebut, Putri Leonor menegaskan kembali komitmennya terhadap Konstitusi dan kesetiaannya kepada Raja. Ayahnya juga menerima Takhta Ordo Charles III pada tahun dia berusia 18 tahun.

"Mulai hari ini saya berhutang budi kepada seluruh rakyat Spanyol, yang akan saya layani setiap saat dengan rasa hormat dan kesetiaan. Tidak ada kebanggaan yang lebih besar. Pada hari yang sangat penting ini yang akan selalu saya ingat dengan penuh emosi, saya meminta Anda untuk memercayai saya, karena saya telah menaruh seluruh kepercayaan saya pada masa depan kita, di masa depan Spanyol," kata Putri Asturias.

"Saya telah dengan sungguh-sungguh, secara formal dan terbuka berkomitmen terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan nilai-nilai konstitusional kita, yang saya yakini sepenuhnya. Saya telah memikul tanggung jawab besar terhadap Spanyol di hadapan Cortes Generales, yang saya harap dapat membalasnya dengan bermartabat dan dengan contoh terbaik."

4 dari 4 halaman

Putri Leonor 3 Tahun Ikut Pelatihan Militer

Setelah penghargaan dibagikan, Raja Felipe dan Ratu Letizia (51), mengadakan makan siang untuk lebih dari seratus tamu. Hari upacara tersebut sangat penting karena Putri Leonor akan menjadi ratu pertama Spanyol sejak Ratu Isabella II yang memerintah dari 1833 hingga 1868, ketika ia mengambil alih tahta suatu hari nanti.

Dengan itu akan muncul tanggung jawab kerajaan untuk menjabat sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata Spanyol, dan Leonor memulai pelatihan militer tradisionalnya di Akademi Militer Umum Zaragoza selama musim panas. Putri Leonor menjalani pelatihan sebagai militer perempuan untuk tahun ajaran 2023-2024, sebelum pindah belajar ke cabang lain.

Ratu Letizia dan Raja Felipe sempat mengantar putri sulung mereka ke Akademi Militer Umum Zaragoza di Aragon, Spanyol pada Kamis, 17 Agustus 2023. Rumah Tangga Kerajaan Spanyol sempat mengumumkan pada Maret 2023 bahwa Putri Leonor memulai pelatihan militer selama tiga tahun usai lulus dari UWC Atlantic College di Wales.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.