Sukses

Rapper Macklemore Gaungkan Pesan Tegas: Free Palestine!

Hati Macklemore pedih melihat korban tak berdosa berjatuhan baik di pihak Israel maupun Palestina.

Liputan6.com, Jakarta Rapper Macklemore mengeluarkan reaksi keras terhadap konflik yang tengah terjadi antara Hamas dan Israel, dan berimbas pada warga sipil di Palestina. Ia menuangkan unek-uneknya lewat unggahan Instagram pada Jumat (20/10/2023) lalu.

Ada sejumlah poin yang disampaikan Macklemore. Salah satu yang terpenting, adalah hatinya pedih melihat korban tak berdosa berjatuhan baik di pihak Israel maupun Palestina.

“Karena itu, aku mendukung orang di seluruh dunia yang mendesak gencatan senjata,” tuturnya.

Ia juga mengatakan dengan tegas mengecam kondisi yang tengah terjadi di Palestina, yang ia nilai didukung negaranya, Amerika Serikat. Ia menyebutnya sebagai genosida, yang bermakna pembunuhan besar-besaran secara berencana terhadap suatu bangsa atau ras.

“Kita menyaksikan genosida yang sedang terjadi saat ini di Palestina. Bencana kemanusiaan yang dibekingi AS terjadi di depan mata kita. Gaza dihancurkan,” kata dia.

Rapper “Thrift Shop” ini mengaku sebenarnya ia bukan pakar soal konflik Palestina – Israel. Pasalnya kondisi ini sudah terjadi dalam waktu yang sangat panjang, lebih dari tujuh dekade.

“Namun tak ada pihak yang mesti didukung bila berkaitan dengan jiwa manusia secara kolektif. Aku tak harus jadi pakar untuk memahami ini. Kita semua memiliki suara dan platform untuk membela kebenaran dan keadilan,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendukung Kemerdekaan Palestina

Karena itu, di pengujung unggahannya, ia membuat satu kesimpulan tegas. Yakni, free Palestine, mendukung kemerdekaan Palestina.

“Aku membela semua manusia. Aku membela kedamaian. Aku membela cinta. Aku membela kebebasan. Karena itu, aku membela Kemerdekaan Palestina dan akhir dari genosida warganya,” tulisnya.

3 dari 4 halaman

Kutip Ucapan Martin Luther King Jr

Di bagian lain unggahannya, ia mendorong publik untuk bersuara soal masalah ini, meski hanya dalam percakapan personal.

"Aku terus terpikir kutipan dari MLK, 'Hidup kita mulai berakhir saat kita diam saja atas hal-hal yang penting'," tuturnya, mengutip pernyataan Martin Luther King Jr.

4 dari 4 halaman

Reaksi Warganet

Unggahan Macklemore ini mendapat banyak komentar dari warganet.

"Aku menaruh hormat, sebagian besar orang di industrimu tak bernyali untuk mengatakan dan menjelaskan seperti apa yang baru saja kamu lakukan," kata @khaledbe*****.

"Salah satu dari sedikit seleb yang berani menjabarkan situasi ini apa adanya," kata @2many*****.

"Macklemore dengan gampangnya melampaui banyak sekali politisi progresif, ini gila," cuit @granitelefty di X atau Twitter, yang disukai 139 ribu warganet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.