Sukses

6 Rekomendasi Film dan Serial Korea Tentang Zombie, Ada Favoritmu?

Berikut beberapa rekomendasi film dan serial yang mengangkat cerita tentang zombie di Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia perfilman Korea Selatan berhasil memukau penonton di seluruh dunia dengan gebrakan karya-karya sinematik dan alurnya yang menarik. Beragam genre film Korea disuguhkan untuk memainkan dan menghibur emosi para penikmat filmnya, mulai dari genre romantis, aksi, thriller, drama, hingga horor.

Dari sekian banyaknya genre film, genre yang paling banyak diminati oleh para penonton adalah gabungan antara genre horor dan thriller. Kedua genre ini menantang para penikmat filmnya untuk memacu adrenalin mereka.

Tidak hanya itu, film dengan genre ini juga akan membawa penikmat filmnya masuk ke dalam cerita dan ikut merasakan kengerian dan ketegangan yang juga dirasakan oleh para pemain dalam film tersebut.

Salah satu cerita yang dibawakan dengan genre ini adalah tentang zombie. Zombie sendiri merupakan gambaran makhluk hidup yang telah mati, namun bangkit kembali dan memiliki keinginan untuk memangsa manusia yang masih hidup, khususnya otak mereka.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi film dan serial yang mengangkat cerita tentang zombie di Korea Selatan yang tentu saja penuh dengan aksi dan ketegangan di dalamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Train To Busan (2016)

Salah satu film zombie asal Korea Selatan terbaik Train to Busan rilis pada tahun 2016. Film yang disutradarai oleh Yeon Sang-ho ini berhasil menginspirasi film lain dengan tema yang sama bertajuk Peninsula pada tahun 2020.

Sampai artikel ini ditulis, Train to Busan berhasil mendapatkan "Certified Fresh" dari Rotten Tomatoes dengan skor tomatometer sebanyak 95% atau mendapatkan sekitar 128 ulasan kritikus dan skor 89% dari penonton.

Film ini bercerita tentang perjalanan seorang ayah bernama Seok Woo (Gong Yoo) dan anaknya Soo An (Kim Su-An) menuju Busan dengan kereta. Akan tetapi, perjalanan tersebut berubah kacau oleh serangan zombie di dalam kereta yang mereka tumpangi. Hal itu membuat mereka harus bisa bertahan dan menyelamatkan diri agar tidak terinfeksi virus tersebut sampai tiba di kota Busan.

3 dari 7 halaman

2. The Wailing (2016)

Masih berada di tahun yang sama, The Wailing juga bisa menjadi rekomendasi film tentang zombie selanjutnya setelah Train to Busan. Film yang disutradarai oleh Na Hong-jin ini tidak hanya menceritakan tentang zombie, namun juga memiliki lebih banyak kejadian supernatural lainnya.

Sampai artikel ini ditulis, The Waling juga mendapatkan "Ceritified Fresh" dari Rotten Tomatoes dengan 99% tomatometer atau sekitar 88 ulasan kritikus dan skor 81% dari penonton.

The Wailing mengisahkan tentang misteri sebuah desa kecil di pegunungan Korea yang bernama Gokseong. Sejumlah kejadian aneh terjadi setelah laki-laki tua Jepang (Jun Kunimura) tinggal di desa Gokseong. Hal ini membuat kepolisian setempat, Jong-goo (Kwak Do-won) dan Oh Seon-bok (Son Kang-kuk) harus menginvestigasi desa Gokseong dan mencari tahu akar dari masalah yang terjadi di desa tersebut.

4 dari 7 halaman

3. #Alive (2020)

Film selanjutnya datang dari #Alive yang rilis di platform digital Netflix pada tahun 2020. Film zombie penuh aksi karya Cho II ini dengan cepat menarik perhatian banyak orang.

#Alive mendapatkan tomatometer sebanyak 88% atau sekitar 25 ulasan kritikus dan skor sebanyak 63% dari penonton. Para kritikus di Rotten Tomatoes juga memuji akting, horor, dan komedi yang ditunjukkan dalam film zombie ini.

Bercerita tentang Oh Joon-woo (Yoo Ah-in), seorang gamer yang tinggal sendiri di salah satu unit apartemen saat anggota keluarga lainnya pergi bekerja. Semua berjalan normal sampai temannya mengatakan situasi aneh tengah terjadi di sekitar mereka layaknya film. Benar saja, keadaan di sekitarnya sangat chaos karena adanya wabah virus misterius yang menyerang.

5 dari 7 halaman

4. Kingdom (2019-2020)

Tidak hanya dalam bentuk film, cerita tentang zombie juga dibawakan dalam bentuk serial. Kingdom adalah salah satu tayangan serial asal Korea Selatan yang wajib ditonton bagi kalian yang menyukai genre thriller penuh aksi.

Terbagi dari 2 season dengan total 12 episode, serial asli Netflix yang disutradarai oleh Kim Seong-hun ini meluncurkan musim pertamanya pada tahun 2019 dan dilanjutkan dengan rilisnya musim kedua di tahun 2020. Kingdom juga mendapatkan skor tinggi dari Rotten Tomatoes dengan 98% tomatometer dan skor 92% dari penonton.

Serial Kingdom berlatarbelakang pada periode Joseon abad pertengahan. Menceritakan tentang seorang putra mahkota (diperankan oleh Ju Ji-hoon) yang dikirim melalui misi bunuh diri untuk menyelidiki wabah misterius yang menyebar di seluruh kerajaan dan negaranya.

6 dari 7 halaman

5. Happiness (2021)

Serial yang mengangkat cerita tentang bertahan hidup dari zombie selanjutnya berjudul Happiness. Serial ini tayang pada tahun 2021 dan disutradarai oleh Ahn Gil-ho.

Memiliki jumlah 12 episode secara keseluruhan, serial Happiness berkisah tentang perjuangan orang-orang yang tinggal di suatu komplek apartemen di tengah mewabahnya virus mematikan.

Namun, yang lebih mengenaskannya lagi adalah, gedung apartemen yang baru dibangun tersebut mendiskriminasi mereka yang tinggal di sana berdasarkan status sosial. Membuat mereka yang tinggal di dalamnya merasa kesulitan untuk menyelamatkan diri dari srangan zombie di setiap lantainya.

7 dari 7 halaman

6.All of Us Are Dead (2022)

Dan rekomendasi serial yang terakhir adalah All of Us Are Dead. Serial yang rilis di platform digital Netflix pada tahun 2022 ini disutradarai oleh Lee Jae-kyoo dan Kim Nam-su.

Memiliki 12 episode dalam satu musim, All of Us Are Dead mendapatkan skor dari kritikus sebanyak 88% dan dari penonton sebanyak 80%. Jika Happiness berkisah tentang zombie yang berada di sekitar apartemen, All of Us Are Dead menyuguhkan wabah virus zombie yang menyebar di sekitar sekolah.

SMA Hyosan adalah sumber pertama dari penyebaran virus zombie tersebut. Hanya dalam waktu singkat, virus ini menjangkit dari satu orang ke orang lain dengan sangat cepat. Para siswa yang terjebak di dalam sekolah tersebut pun harus berupaya bertahan dan melawan dengan menggunakan barang-barang yang ada di sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini