Sukses

Giliran Ariel NOAH yang Buka Suara Soal Alasan Pecahnya Peterpan dan Keluarnya Andika Eks The Titans

Ariel NOAH menekankan bahwa salah satu faktor dalam perpecahan tersebut adalah budaya dalam masyarakat Indonesia, di mana banyak orang tidak nyaman mengungkapkan kritik atau pendapat negatif.

Liputan6.com, Jakarta Ariel Noah akhirnya membuka suara untuk menjelaskan alasan di balik perpecahan Peterpan dan keluarnya Andika Naliputra Wirahardja, yang dikenal sebagai Andika eks The Titans dan Peterpan. Sebelumnya, Andika sempat mengatakan bahwa dirinya telah dikeluarkan dari Peterpan tanpa alasan yang jelas.

Dalam podcast di kanal YouTube Ferdy Element, Ariel NOAH menyayangkan pernyataan Andika tersebut. Ia juga heran mengapa hal ini dibahas lagi, padahal saat itu mereka sudah memiliki kesepakatan mengenai masalah ini.

Demi menghindari kesalahpahaman di publik, Ariel NOAH akhirnya juga harus membahas masalah ini versi dirinya. Ariel menekankan bahwa salah satu faktor dalam perpecahan tersebut adalah budaya dalam masyarakat Indonesia, di mana banyak orang tidak nyaman mengungkapkan kritik atau pendapat negatif.

Hal ini, menurut Ariel, dapat membuat sulit untuk membahas masalah dan mengatasi perbedaan pendapat dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tipikal

“Intinya menurut gua, kesalahannya itu adalah kebanyakan orang Indonesia tuh kayak kita, enggak enakan kalau mau ngomong, enggak ada kayak di Amerika tuh yang kalau lu jelek, kita ngomong jelek, gua nggak suka, nah gua nggak,” kata Ariel NOAH dalam podcast yang diunggah pada Kamis (12/10/2023).

“Bukan cuma kita. Hampir semuanya sih. Produser-produser juga begitu. Memang tipenya orang Indonesia, apalagi orang Bandung, kalau misalnya orang ‘Aduh, lu jelek’ gitu. Kalau Gue, ‘kayaknya kurang apa, dikit gitu ya’,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kesulitan

Ariel mengungkapkan permasalahan ini muncul sejak album pertama Peterpan dan semakin menjadi saat mereka memulai album kedua. Ariel dan anggota band lainnya merasa bahwa ketika mereka mencoba untuk memasukkan lagu karya mereka sendiri, Andika tidak mampu menjalankannya dengan baik. Namun, Ariel juga menyatakan bahwa mereka tidak ingin merendahkan atau mengkritik Andika secara kasar.

“Ya jadi pada saat itu, jadi sudah dari album pertama nih ada masalahnya, gue mau jelasin itu. Jadi album pertama itu memang agak kesulitan dia. Jadi dia ngisi, dia berusaha tapi  kurang enak. Dia ngisi lagi, kurang enak. Akhirnya sampai dia sendiri juga jadi kayak frustasi. Aduh kok nggaa enak semuanya gitu. Kadang-kadang sampe kayak begitu. Dan itu semuanya sih mengakuin,” beber Ariel NOAH lagi.

4 dari 4 halaman

Jaga Nama Baik

Untuk menjaga nama baik mereka dan menghindari konflik publik yang lebih besar, band memutuskan untuk menyimpulkan bubarnya Peterpan ini adalah karena perbedaan visi. Ariel mengakui bahwa memang tidak semua orang perlu tahu detail perpecahan tersebut, dan para anggota band sepakat untuk menjaga privasi mereka.

“Dan itu juga yang kayak pada saat kita dulu 2006 keluar misalnya kita mesti ngomong ke publik kenapa Andika keluar? Karena Andika nggak bisa main keyboard. Kan nggak mungkin kita ngomongin gitu. Jadi oke, demi menjaga nama baik semuanya, kita sepakat, yaudah ini keluar karena beda visi. That's it. Udah kita sepakat ya,” kata Ariel NOAH.

“Karena menurut gua, ya orang juga nggak perlu tau sih. Bukan haknya mereka juga. Dan yang pengin tau juga belum tentu pengin tau karena simpati. Yang penting kita nggak perlu saling menjatuhkan. Jadi kita sepakati karena beda visi,” tutup Ariel NOAH.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.