Sukses

Andika Eks The Titans Bicara soal Royalti Lagu The Titans dan Peterpan: Tidak Ada Masalah dengan Semuanya

Andika Eks The Titans juga berbagi pandangan yang bijak mengenai masalah royalti lagu-lagu dari masa ketika ia masih menjadi bagian dari Peterpan dan The Titans.

Liputan6.com, Jakarta Andika Naliputra Wirahardja, yang dikenal sebagai Andika eks The Titans dan Peterpan, baru-baru ini berbincang dengan Ferdy Element tentang perjalanan kariernya di bidang musik. Termasuk salah satunya adalah keputusannya saat hengkang dari Peterpan dan membentuk band baru bernama The Titans.

Dalam perbincangan itu, Andika Eks The Titans juga berbagi pandangan yang bijak mengenai masalah royalti lagu-lagu dari masa ketika ia masih menjadi bagian dari dua band terkenal tersebut. Mengingat, masalah royalti saat ini masih menjadi perdebatan yang sering muncul di industri musik Tanah Air.

Andika The Titans menyebut bahwa banyak contoh band dan musisi yang saat ini mengalami perseteruan karena masalah royalti. Namun beruntungnya, Andika dengan tegas menyatakan bahwa ia tidak terlibat dalam perdebatan semacam itu.

“Makanya gue kadang-kadang ketawa. Maksudnya, yang band-nya pecah tuh nggak cuma gue. Banyak band yang pecah. Tapi sekarang ada tuntutan soal lagu, misalnya soal ‘lu membawa lagu ini, jadi royalti ke gua, gini, gini’ segala macam, sampai yang (musisi) besar pun berantem,” kata Andika The Titans.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Masalah

Ia menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak perlu menjadi masalah, dan ia bahkan tertawa mengenai hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa setelah keluar dari The Titans, ia memutuskan untuk menjalani karier solonya sebagai penyanyi. Dalam kariernya ini, ia menyebut bahwa tidak memiliki masalah untuk membawakan lagu-lagu baik dari The Titans maupun Peterpan.

“Gua ketawa. Gua nggak tuh. Gua sekarang setelah The Titans, gua keluar, gua solo, mencoba menjadi seorang penyanyi, gua mau nyanyiin lagu Titans, gua mau nyanyiin lagu PeterPan, mau bukain ciptaan gua, gua tidak ada masalah dengan anak-anak Noah dan anak-anak Titans gitu,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Tak Pernah Meminta

Begitupun sebaliknya, Andika menekankan bahwa ia tidak pernah meminta royalti ketika lagu-lagu yang ia ciptakan dibawakan oleh anggota Noah atau The Titans yang baru.

“Mereka pun ketika mereka bawain karya gue, gue tidak pernah meminta. Karena balik lagi Allah itu maha adil. Kalau buat gue ya,” sambung Andika.

 

4 dari 4 halaman

Sistem Pengumpulan Royalti

Lebih lanjut, Andika justru mengakui bahwa sistem untuk mengumpulkan royalti di industri musik Indonesia masih belum berjalan sepenuhnya dengan baik. Oleh karenanya, ketimbang berseteru dengan sesama musisi, ia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam memperbaiki sistem tersebut, daripada saling menyerang satu sama lain.

“Sistem kita memang untuk collecting royalty-nya memang belum sepenuhnya jalan. Jadi kalau kita nyerang ke orang, ya salah. Nyerang ke teman kita sendiri yang dulu sesuatu band, kalau kata gue salah, lu mau menyerang, nyerang sistem aja bareng-bareng,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.