Sukses

Selamat Hari Batik Nasional dari Sandiaga Uno, Sebut Batik Kain dengan Jiwa dan Ajak Cintai Produk Lokal

Menteri Sandiaga Uno menyampaikan selamat Hari Batik Nasional 2023. Ia menyebut batik kain dengan jiwa sekaligus salah satu identitas bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, menyampaikan selamat Hari Batik Nasional 2023. Ia menyebut batik kain dengan jiwa sekaligus salah satu identitas bangsa Indonesia.

Batik adalah kain dengan jiwa, melukis sejarah dan identitas bangsa. Yuk, rayakan keunikan ini bersama-sama! Selamat Hari Batik Nasional 2023, Batik Bangkit Indonesia Bangkit!” tulisnya.

Ini disampaikan Sandiaga Uno via akun Instagram terverfikasi, Senin (2/10/2023). Hari yang sama, ia menyampaikan sambutan dalam Talk Show dan Fashion Show Mall Se-DKI Dalam Rangka Hari Batik Nasional 2023 bersama bintang tamu Stevan Pasaribu di Thamrin City Jakarta.

Sandiaga Uno menyorot peran Apresiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DKI Jakarta dalam pelestarian batik. Setelahnya, ia mengajak masyarakat Indonesia lebih bangga dan mencintai produk lokal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Batik Karya Anak Bangsa

“Salam Indonesia Maju, penuh semangat. Saya Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional 2023,” ungkap Sandiaga Uno.

“Juga saya mengapresiasi untuk Apresiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DKI Jakarta dan Thamrin City yang telah meng-organize acara ini. Mari kita cintai produk lokal batik karya anak bangsa,” imbuhnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Warisan Budaya Tak Benda

Sementara Ketua APPBI DPD DKI Jakarta sekaligus CEO Thamrin City, Mualim Wijoyo, mengingatkan batik warisan budaya Indonesia yang punya nilai dan paduan seni tinggi sekaligus kaya makna filosofi.

Batik tradisi turun menurun yang jadi bagian budaya Indonesia sejak dulu. Puncaknya pada 2 Oktober 2009 saat UNESCO menetapkan batik sebagai karya warisan budaya tak benda atau Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

 

4 dari 4 halaman

Memajukan Batik Indonesia

“Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia untuk berperan aktif memajukan batik Indonesia melalui penggunaan batik dalam kehidupan sehari-hari,” cetusnya.

Saat ini, batik mulai ditampilkan lebih variatif dari barang mode, aksesori, furnitur, hingga perlengkapan rumah tangga. Ini membuktikan bangsa Indonesia sungguh mencintai dan bangga akan batik.

“Adapun event hari ini juga bukti kebangaan dan kecintaan pada batik, serta bentuk tanggung jawab APPBI DPD DKI Jakarta yang saat ini beranggotakan 94 pusat perbelanjaan,” pungkas Mualim Wijoyo dalam sambutannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini