Sukses

6 Fakta Film Kisah Tanah Jawa, Iwa K Pucat Syuting di Liang Kubur: Kayak Ada yang Narik dari Bawah

Sineas Awi Suryadi bersiap merilis film terbaru, Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul, yang diperkuat performa Deva Mahenra, Della Dartyan, hingga Iwa K.

Liputan6.com, Jakarta Sineas Awi Suryadi bersiap merilis film terbaru, Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul setelah mengantar KKN di Desa Penari menembus 10 juta penonton tahun lalu. Kisah Tanah Jawa diperkuat barisan bintang kondang dari Deva Mahenra, Della Dartyan, hingga Iwa K.

Diproduksi MD Pictures, Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul siap meneror bioskop mulai 21 September 2023. Disinggung target jumlah penonton, Awi Suryadi enggan berkomentar. “Saya enggak pernah berani prediksi film sendiri,” cetus sutradara Danur: I Can See Ghost.

Kisah Tanah Jawa bermula ketika Hao (Deva Mahenra) punya kemampuan melihat masa lalu. Ia menolong Sari (Nayla D. Purnama), siswi SMK yang hilang akibat diculik pocong bernama Walisdi (Iwa K). Aksi heroik Hao berbuah teror mematikan dari Walisdi.

Rupanya, semasa hidup, Walisdi adalah dukun ilmu hitam. Laporan khas Showbiz Liputan6.com menghimpun 6 fakta dari balik layar Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul. Film ini digadang-gadang mencetak box office. Akankah mengalahkan Sewu Dino?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Gara-Gara Sayap-Sayap Patah

Terpilihnya Iwa K sebagai pemeran Walisdi, karakter krusial dalam Kisah Tanah Jawa bikin penasaran awak media. Awi Suryadi memilih pelantun “Kuingin Kembali” setelah menonton film Saya-Sayap Patah. Ia menilai akting Iwa K sebagai teroris meyakinkan dan mengesankan.

“Ternyata Kang Iwa aktingnya oke juga. Cocok, memang saya perlu sosok antagonis. Lalu saya ngomong sama pihak MD Pictures. Orang kasting MD tadinya enggak yakin. Saya bilang: Ya, saya lihat di Sayap-sayap Patah bagus banget. Akhirnya dipanggil. Jadwal cocok,” katanya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. Kenangan Della di Demangan

Peran Rida mengantar Della Dartyan ke masa lalu saat tinggal di Yogyakarta. Saat kecil, ia tinggal di Demangan dan pernah mendengar kisah seram pocong gundul. Cerita ini membuat penduduk khawatir rumah diketuk hantu kala petang tiba, sekitar jam 18.00.

“Saya lahir dan besar di Jogja. Jadi saya pernah dengar kisah ini di rumah. Ketika masih kecil di daerah Demangan rumah saya, di atas jam 6 mereka takut keluar rumah karena takut diketuk pintunya (oleh hantu),” Della Dartyan membeberkan.

4 dari 7 halaman

3. Pengalaman Deva Dikubur

Deva Mahenra menjelaskan, salah satu tantangan syuting Kisah Tanah Jawa yakni adegan dikubur. Sebelum momen mengerikan ini dieksekusi, muncul wacana menggunakan tanah buatan untuk dilemparkan ke wajah Deva Mahenra. Niat ini dibatalkan dengan sebuah alasan.

“Kami melihat di set. Ternyata akan lebih lebih dapat secara emosi ketika menggunakan tanah real yang ada di situ, liang lahad. (Kamera) memperlihatkan tekstur tanahnya. Jadi, akhirnya sepakat pakai tanah asli saja,” ujar Deva Mahenra kepada jurnalis di Jakarta, pekan ini.

 

5 dari 7 halaman

4. 3 Minggu Belajar Bahasa Jawa

Tantangan lain untuk Deva Mahenra yakni belajar bahasa Jawa. Beruntung, ia dikawal acting coach orang asli Yogyakarta. Sejumlah dialog dalam naskah didalami dengan kosakata bahasa Jawa.

“Belajarnya enggak terlalu susah karena bahasa salah satu ketertarikan saya dari dulu,” ungkap Deva Mahenra yang juga mempelajari aksen. “(Total belajar bahasa Jawa sekitar) dua tiga minggu,” imbuhnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Iwa K Kena Panic Attack

Menghidupkan sosok Walisdi bukan hal mudah. Iwa K kena panic attack saat syuting di lubang kubur. Di lokasi syuting, ada kiai yang berjaga dan melantun doa untuk keselamatan peman juga kru selama syuting. Baru sebentar turun ke lubang kubur, wajah Iwa K pucat pasi.

“Dia benaran muka pucat. Dia minta maaf: Sorry, Mas kayak ngerasa ada yang menarik (gue) dari bawah. Sampai dua kali enggak bisa take. Dua kali (wajah Iwa K) pucat, minta dibawa keluar dari lubang kubur. Sejam-lah nunggunya,” Awi Suryadi membeberkan.

 

7 dari 7 halaman

6. Jagat Sinema Tanah Jawa?

Produser MD Pictures, Manoj Punjabi, mengonfirmasi Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul akan tayang di bioskop mulai 21 September 2023. Terkait peluang sekuel dan pembuatan jagat sinema layaknya Danur, ia enggan membahas detail. Begitu pula Awi Suryadi dan Deva Mahenra.

“Kita belum tahu tapi lihat respons penonton. Ibarat universe, seolah ini kisah pertama di mana Hao akhirnya merasakan (punya) kemampuan menolong orang lain. Ini jadi chapter one. Mudah mudahan (sekuel),” cetus Deva Mahenra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini