Sukses

Dede Sunandar Sempat Terpuruk Anak Divonis Idap Penyakit Langka, Ungkap Kondisi Buah Hatinya Terkini

Dede Sunandar merasa malu untuk mengeluh, dan menyebut keluarga menjadi penyemangat dalam menghadapi ujian ini.

Liputan6.com, Jakarta Tak mudah bagi Dede Sunandar menerima kenyataan buah hatinya menderita Sindrom Williams, penyakit yang menyebabkan kelainan pada jantung, ginjal dan pembuluh darah.

Diakui Dede, dari sejak lahir anak keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar, sudah didiagnosis menderita penyakit itu. Namun, di sisi lain Dede Sunandar merasa malu untuk mengeluh, setelah melihat perjuangan para penderita sakit jantung untuk sembuh.

"Ya pastinya down lah. Terus ketemu orang di Rumah Sakit Harapan Kita, ya sharing syndrome ini, ada yang jantung bocor segala macam. Merasa terpuruk, tapi ada orang dari luar kota sampai ke Jakarta buat pengobatan," ujar Dede Sunandar di Kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2023)

"Dari situ aku banyak belajar. Bener-bener harus sabar, nggak usah ngeluh dan harus usaha. Terpuruk ya pasti terpuruk, tapi kalau terpuruk semua ya nggak jadi apa apa. Jadi harus semangat sebagai kepala keluarga," tambah aktor film Kamu Tidak Sendiri ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anak Belum Bisa Bicara

Dede mengungkapkan, keluarga yang menjadi penyemangat, dalam menghadapi ujian ini. Dede tak patah arang untuk terus berikhtiar mengobati penyakit anaknya.

"Anak ada tiga anak, nomor dua itu kan down syndrome. Anak nomor satu dan ketiga jadi penguat. Walau sekarang umur 5 tahun belum bisa bicara, tapi kita latih terus dan berjuang. Ikhtiar kita jalanin," kata Dede.

3 dari 3 halaman

Saling Support

Oleh karena itu, Dede menyambut hangat digelarnya acara amal yang dibalut dengan entertainment, untuk menghibur anak-anak penderita kanker dan jantung.

"Inginnya jadi penyemangat juga. Kebanyakan kalau aku lagi di rumah sakit pun, 'Mas Dede bukannya anaknya juga ada yang sakit?', 'iya aku bilang'. Saling support sih. Kadang kan suka terpuruk, suka sedih. Tetep semangat dan berjuang pastinya," pungkas Dede Sunandar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini