Sukses

Steve Harwell Eks Smash Mouth dan Penyanyi Lagu Viral All Star Meninggal Dunia, Diberitakan karena Gagal Hati

Sehari sebelumnya, Steve Harwell mantan vokalis Smash Mouth dinyatakan menerima hospice care—perawatan untuk pasien dengan sakit tahap lanjut atau bahkan menghitung waktu untuk berpulang.

Liputan6.com, Jakarta Steve Harwell, mantan vokalis band Smash Mouth telah berpulang untuk selamanya. Dilansir dari People, Selasa (5/9/2023), kabar duka ini disampaikan oleh manajer band ini, Robert Hayes.

Mendiang meninggal dunia pada 4 September 2023 dalam usia 56 tahun, di rumahnya yang terletak di Idaho, Amerika Serikat. “Ia dikelilingi oleh keluarga dan sahabat, serta meninggal dalam keadaan damai dan tenang,” begitu pernyataan Robert Hayes.

Band Smash Mouth juga mengungkap rasa dukacita atas kepergian sang mantan vokalis dalam sebuah unggahan di akun Instagram resmi grup ini.  

Steve layak dikenang atas fokus yang tak tergoyahkan dan tekadnya yang membara untuk mencapai puncak jagat pop. Dan fakta bahwa ia mencapai tujuan yang hampir mustahil ini dengan pengalaman bermusik yang begitu terbatas, membuat pencapaiannya ini semakin luar biasa,” begitu pernyataan pihak band.

Sehari sebelum meninggal dunia, Steve Harwell dinyatakan menerima hospice care—perawatan untuk pasien dengan sakit tahap lanjut atau bahkan menghitung waktu untuk berpulang.

Kepada Entertainment Weekly, perwakilan sang musisi mengatakan, Steve Harwell mengalami gagal hati tahap akhir. People memberitakan bahwa hal inilah yang akhirnya merenggut nyawa sang musisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Diperkirakan Akan Segera Wafat

Steve Harwell diketahui sempat menjalani perawatan di rumah sakit, kemudian pulang dan disebut hanya punya waktu sekitar seminggu untuk hidup.

Selama tiga hari terakhir, sahabat dan kerabat berkumpul untuk menemani pelantun “Rockstar” ini. Sebelumnya, Steve Harwell diketahui memiliki riwayat sejumlah penyakit.

3 dari 4 halaman

Riwayat Masalah Kesehatan Steve Harwell Sebelum Meninggal Dunia

Pada 2016—saat masih bergabung dalam Smash Mouth—ia kolaps di tengah konser dan dilarikan ke rumah sakit. Setahun setelahnya, Smash Mouth juga mesti menunda sejumlah jadwal manggung karena sang vokalis menjalani perawatan untuk masalah jantung.

Ia juga sempat didiagnosis dengan cardiomyopathy, gagal jantung, dan ensefalopati wernicke akut.

Tahun 2021, ia memutuskan pensiun dan mundur dari Smash Mouth setelah kondisi kesehatannya memburuk, bahkan beredar video ia meracau di atas panggung.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Steve Harwell

Sebelum bergabung dalam Smash Mouth, ia menjadi rapper Harwell untuk grup musik F.O.S. (Freedom of Speech) dan merilis lagu “Big Black Boots.” Ia kemudian membentuk Smash Mouth bersama drummer Kevin Coleman, gitaris Greg Camp dan bassist Paul De Lisle pada 1994.

Grup ini melahirkan sejumlah hit seperti “All Star” yang masuk dalam film animasi kondang Shrek, "Walkin' on the Sun," "Can't Get Enough of You Baby," "Why Can't We Be Friends," serta cover lagu Monkees “I’m a Believer.”

Beberapa waktu belakangan, lagu “All Star” kembali viral di media sosial, terutama pada petikan lirik “Somebody once told me the world is gonna roll me.”

Selamat jalan, Steve Harwell.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini