Sukses

Terkuak Alasan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Periksa Baju Erick Thohir: Saya Mau Lihat Berapa Kancingnya

Pertanyaan publik terkait alasan Pak Bas ngepoin jas yang dikenakan Erick Thohir akhirnya terjawab.

Liputan6.com, Jakarta Momen Menteri PUPR Basuki Hadimuljono periksa baju Erick Thohir di tengah jalannya upacara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Negara, Jakarta jadi salah satu momen paling viral di media sosial selama sehari penuh.

Pertanyaan publik terkait alasan Pak Bas ngepoin jas yang dikenakan Erick Thohir akhirnya terjawab. Pria paruh baya ini rupanya penasaran dengan jumlah kancing dari jas klasik sang Menteri BUMN.

"Itu pakai jas Boedi Oetomo katanya, pakai jas tapi saya mau lihat berapa kancingnya. Ternyata cuma satu, Jadi ini memang model kancing Boedi Oetomo. Bukan Jawa tapi baju Boedi Oetomo 1908. Saya cuma mau ngecek aja," kata Pak Bas dikutip dari TikTok officialinew, Jumat (18/8/2023).

Pak Bas sepertinya tidak menyangka tingkahnya bakal jadi viral. "Ya, itu kan viralnya juga iseng aja," ujarnya sambil tertawa renyah.

Dalam wawancara terpisah, Erick Thohir juga menceritakan momen ini dari sudut pandangnya. Dia sendiri kaget dengan kekepoan Pak Bas terhadap jas yang dipakainya. Di upacara Penurunan Bendera, Erick pun ganti kostum yang sekiranya tak akan diperiksa lagi oleh rekannya itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cerita dari Sudut Pandang Erick Thohir

"Nggak tahu, saya tadi sama istri sedang berdiri serius tiba-tiba Pak Bas ngelihat jas saya, mungkin beliau lihat kok kantongnya enggak ada, lalu kok kancingnya satu. Makanya beliau tanya 'Ini bukan baju Jawa ya?" tuturnya.

"Makanya Pak Bas, sore ini saya pakai baju Jawa supaya enggak diperiksa-periksa lagi sama Pak Bas. Kaget, apalagi ternyata viral banget. Ya Pak Bas begitu memang figur yang menyenangkan," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Berwibawa Tapi Bisa Juga Melawak

Kini, Pak Basuki sepertinya jadi menteri yang memiliki banyak penggemar. Banyak warganet yang mengagumi dengan kepribadiannya.

"Pak bas ternyata suaranya tegas ya, walau suka bercanda. tapi kek nya kalau lagi serius, bener2 berwibawa," kata salah stau warganet.

"Pak bas itu detail bgt sampai bener bener mastiin itu yang di pakai pak thor baju Budi Utomo 1908," ujar warganet yang lain.

"Pak bas "maaf" wajahnya beliau aja lucu, eh tau² nglawak...bikin ngakak," tambah yang lainnya.

4 dari 4 halaman

Desainer Didiet Maulana

Desainer dari busana Erick Thohir yang bikin Pak Bas penasaran akhirnya terungkap. Dia adalah Didiet Maulana. Ia menjelaskan bahwa tema busana Erick Thohir dan istri, Liza Thohir, terinspirasi dari tampilan pelajar tempo dulu.

"Ide Pak Erick yang ingin mengangkat tampilan ini diwujudkan dalam tampilan utk 17an tahun ini. Jas klasik chreme dengan kemeja putih dan dasi kupu-kupu. Lengkap dengan blangkon dan selop tutup," jelasnya di Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini